Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika
Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika serta Pemahaman Barisan dan Deret Bagi Siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar dan Survey Pemetaan Melalui Teknik Mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi

Fitri Haryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2012

Abstract

Pengamatan pembelajaran matematika di SMK Negeri 3 Jambi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada umumnya masih rendah.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan motivasi belajar matematika, khususnya dalam memahami materi barisan dan deret pada siswa Kelas XI Program Keahlian Gambar Bangunan dan Survey Pemetaan melalui teknik mengajar Jigsaw di SMKN 3 Kota Jambi Semester 2 Tahun 2011.  Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Sedangkan teknik mengajar yang digunakan aalah metode Jigsaw pada materi Barisan dan Deret.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebesar: 21,36 %. Skor hasil uji kompetensi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 13,3.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika serta pemahaman Barisan dan Deret bagi siswa kelas XI Program Keahlian Gambar Bangunan dan Survey Pemetaan di SMKN 3 Kota Jambi Semester 2 Tahun 2011.  

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

edumatica

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Edumatica Journal is a journal on mathematics education. The Journal publishes articles of research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many ...