The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No. 1 Maret 2022

TIPOLOGI MANAJEMEN TRADISIONAL DAN MODERN DAN KLASIFIKASINYA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Audi Anugrah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Abdul Malik Karim Amrullah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Muhammad In’am Esha (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Pesantren merupakan model pendidikan asli Indonesia yang telah lama sekali ada di Indonesia. Pesantren merupakan warisan budaya pendidikan zaman Hindu ratusan tahun sebelum masuknya Agama Islam di Nusantara. Setelah menginjak masa modern yang dimulai dengan bergabungnya pendidikan umum dengan pendidikan agama dalam satu sekolah, banyak lembaga pendidikan Islam yang masih menggunakan manajemen model tradisional sedangkan sebagian besar telah berubah menjadi lebih modern. Perbedaan yang mendasar dari tipologi manajemen tradisional dan modern adalah tata kelolanya yang bersifat adaptif dan menyesuaikan terhadap kebutuhan stakeholder pendidikan serta bersifat lebih terbuka dengan masukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpai

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya ...