cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 48 Documents
Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Di MTs Negeri 1 Manado Mohammad Syakur Rahman; Nurhayati Nurhayati; Dwi Wahyuni Maulana Luawo
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 1 (2021): Volume 2 No. 1 Maret 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Persepsi Guru Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di MTs Negeri 1 Manado. Tujuan dalam penelitian ini adalah  untuk mengetahui bagaimana Persepsi Guru Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di MTs Negeri 1 Manado.Dalam Penelitian ini ada 3 rumusan masalah yaitu Bagaimana persepsi guru terhadap kebijakan merdeka belajar mengenai penyederhanaan RPP di MTs Negeri 1 Manado dan bagaimana kendala dalam penyusunannya serta solusi dari permasalahan tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap kebijakan merdeka belajar tentang penyederhanaan RPP yaitu dengan adanya kebijakan penyederhaan RPP ini sangat membantu para guru dalam hal administrasi yang tidak memelukan waktu banyak dalam penyusunan RPP. Apapun kendala dalam penyusunan RPP yang akan disederhanakan yaitu guru kebingungan dalam menyederhanakan 13 komponen ke dalam 3 komponen, guru-guru juga kesulitan dalam menentukan versi RPP yang akan dipakai. Solusi yang digunakan dalam kendala tesebut yaitu dari guru sendiri mereka membuat perkelompok matapelajaran untuk menyatukan ide-ide dalam merancang 13 komponen kedalam 3 komponen yang ada di RPP kemudian Wakil kepala madrasah bidang kurikulum selalu mengadakan rapat musyawarah setiap minggunya untuk mengetahui perkembangan dari penyusunan RPP tersebut.Kata kunci: Persepsi, Merdeka Belajar, Penyederhanaan RPP.
Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam Rivai Bolotio; Muhammad Imran; Dewi Afiatul Qutsiyah
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini mengkaji tentang Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kajian ini dilatar belakangi kekhawatiran akan arus informasi yang semakin masif dan tidak terkontrol lagi ditambah anak-anak bangsa banyak yang terjerumus kedalam hal-hal negatif dan anarkis. Sebagai orangtua mempunyai tugas yang sangat penting dalam menerapkan pendidikan pertama untuk generasi muda khususnya pendidikan anak dalam kandungan (Pendidikan Pranatal). Namun permasalahan seringkali muncul, mana kala orang tua kurang menyadari pentingnya mendidik anak dalam kandungan. Pendidikan Pranatal seringkali diabaikan. Menjaga anak dalam kandungan sekedar merupakan kewajiban orang tua agar anak lahir sehat, tidak cacat, dan tidak keguguran. Bahkan orang tua juga beranggapan bahwa mendidik anak itu dimulai dari anak di lahirkan. Melihat permasalahan tersebut, penulis mengkaji dan menganalisis Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunkan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam hal ini ialah melakukan identifikasi wacana, dari buku-buku, artikel, jurnal, web (internet), atau informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitidan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah content analysis (analisis isi).Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa Konsep Pendidikan Pranatal dimulai dari masa prakonsepsi, konsepsi dan pasca konsepsi yaitu pertama, pemilihan jodoh yang sesuai dengan aturan agama: dilihat dari kecantikan/ ketampanan, nasabnya, kekayaan, dan yang paling penting adalah agamannya. Kedua, penikahan. Ketiga pertumbuhan janin mulai dari nuftah, alaqah, mudghah, idzaman hingga menjadi makhluk yang berbentuk lain.. Keempat, masa kehamilan hingga faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan anak dalam kandungan seperti faktor genetik/keturunan, makanan, dan lingkungan. Konsep Pendidikan Pranatal di atas ketika dilihat dari Perspektif Pendidikan Islam akan mewujudkan Implemetasi Nilai-nilai Pendidikan Pranatal dalam pembentukan karakter anak seperti halnya meningkatkan kemampuan IQ, EQ, SQ, dan untuk meningkatkan ketiga kemampuan tersebut maka harus menggunakan beberapa metode dalam pendidikan pranatal sehingga dapat merangsang aktivitas anak dalam kandungan sehingga interaksi anak dengan otang tua sudah terjalin sejak dini. Dari beberapa metode-metode yang dilakukan diatas juga akan meningkatkan dan memperkuat niali- nilai Akidah, Akhlak dan ibadah.Kata Kunci: Pendidikan Pranatal, Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter Anak
Tingkat Kepuasan Belajar Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Manado Arif Hakim; Ardianto Ardianto; Wadan Anuli
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No. 1 Maret 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji tentang tingkat kepuasan belajar mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi zoom cloud meeting. Adapun pokok permasalahannnya yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa dalam belajar menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Manado.         Penulis dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan random sampling sejumlah 51 mahasiswa yang ada di kelas pendidikan agama islam (PAI) semester lima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Instrumen ini sebelum digunakan untuk menjaring data, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu mendsekripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang diteliti.         Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat secara umum bahwa tingkat kepuasan belajar mahasiswa memiliki tingkatan kepuasan yang cukup dari responden yang memberikan jawabnnya dengan pertanyaan angket yang diwakili 5 indikator pelayanan yaitu indikator reability (2,8), tangible (2,6), ressponsiviness (2,6), assurance (3) dan emphaty (2,65) dan untuk nilai rata-rata dari keseluruhan indikator yaitu sebesar (2,7). Nilai ini masuk kategori cukup yang artinya tidak puas jika dilihat dalam tabel konsultansi perhitungan WMS, Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang belajar dengan menggunakan zoom cloud meeting tidak puas
Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe Dea Andisi; Ardianto Ardianto; Shinta Nento
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 2 (2021): Volume 2 No. 2 September 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh positif yang ditimbulkan oleh keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) pada variabel keharmonisan keluarga (X) dan teknik dokumen yaitu nilai raport pada variabel (Y) dengan teknik pengelolahan data melalui uji validitas reliabilitas. Selanjutnya untuk teknis analisis data dilakukan melalui uji asumsi klasik dengan menggunakan uji normalitas, linearitas dan homogenitas untuk melihat kesesuaian dan hubungan kedua variabel dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis melalui model regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Hal ini terlihat dari nilai signifikan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji regresi linear sederhana dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Kemudian dalam perbandingan melalui ttabel diperoleh nilai thitung 3,246 > ttabel 1,995 yang berarti bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel Dengan demikian, kedua perbandingan tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari keharmonisan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kepulauan Sangihe. Keharmonisan keluarga memberikan kontribusi sebesar 12,1% bagi prestasi belajar. Sisanya, sebanyak 87,9% ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Menengah Pertama Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan Nur Fadli Utomo; Agung Budi Santoso
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan minat siswa SMP negeri di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk melanjutkan ke SMK serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 332 orang siswa dan sampel sejumlah 178 siswa ditentukan dengan teknik propotional random sampling berdasarkan tabel Isaac pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK memberi kontribusi 49,6% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Persepsi siswa tentang SMK berkontribusi 54,4% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Pengaruh secara bersamaan ketiga variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69,9% sehingga membuktikan bahwa layanan BK dan persepsi siswa mengenai SMK sangat berpengaruh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK.Kata kunci: Minat siswa, bimbingan dan konseling, persepsi siswa, sekolah menengah kejuruan, sangihe
Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part Time (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado) Ardianto Ardianto; Nur Halimah; Wahyu Eka Susilowati
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dan probelamtika dalam belajar mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam negeri Manado. Penelitian ini menggunakan penelitian etnografi dengan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis berupaya untuk memaparkan aktivitas individu atau sekelompok individu dalam kesehariannya yang berkaitan dengan pola belajar, sehingga hasilnya dapat dibedakan atau dibandingkan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk menggambarkan data hasil penelitian tentang pola belajar mahasiswa pekerja part time. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap delapan orang mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado, pola belajar yang paling banyak digunakan adalah pola belajar bersama atau kelompok dan pola belajar mandiri. Sebanyak lima mahasiswa menggunakan pola belajar bersama atau kelompok dan tiga mahasiswa menggunakan pola belajar mandiri. Proses belajar sendiri tentunya tidak terlepas dari problematika atau masalah-masalah yang muncul, baik dari dalam diri mahasiswa maupun karena pengaruh dari luar. Problematika yang dialami oleh mahasiswa pekerja part time pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado dalam proses kuliah sambil bekerja part time diantaranya yaitu; kelelahan, tertundanya pengerjaan tugas-tugas perkuliahan dan dosen yang mengubah jadwal perkuliahan. di samping itu, bekerja part time juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa, diantaranya ialah dapat menambah pengalaman, terlatih untuk memanage atau mengatur waktu dengan baik serta dapat menambah uang jajan.
PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI METODE TA’ZIR (STUDI ANALISIS SANTRIWATI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MANSURIYAH) Amma Chorida Adila; Jainul Arifin; Razie Bin Nasarruddin
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No. 1 Maret 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Pendidikan karakter itu penting karena krisisnya moral dan adab pada generasi muda saat ini. Moral dan adab yang baik terbentuk melalui pembiasaan yang dilakukan secara konsisten.   Pada umumnya penilaian kualitas lembaga pendidikan terlihat dari tingkat kedisiplinan yang ketat. Sebagaimana pendidikan kedisiplinan yang ketat banyak dilakukan pada pondok pesantren. Fokus penelitian ini mengenai kedisiplinan santriwati di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah. Hal ini dikarenakan hampir setiap minggu sistem laporan ta’ziran bidang keamanan kebanyakan dari santriwati. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa kasus ta’zir yang dilakukan oleh santriwati di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. pembentukan karakter disiplin itu berpengaruh pada suatu kinerja kegiatan. Penerapan tata tertib dan peraturan tidak akan berjalan dan dipatuhi oleh para santri jika tidak adanya hukuman yang membuat efek jera. Pondok pesantren Bustanul Mansuriyah berusaha menggerakkan bidang keamanan pondok untuk mengawasi, memantau dan mencatat kegiatan para santri secara ketat. Bidang keamanan di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah ini telah menerapkan metode ta’zir dengan baik terhadap para santri, khususnya dalam penelitian ini adalah santriwati.Kata kunci: Kedisiplinan, ta’zir, pondok pesantren Bustanul Mansuriyah
Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo Sri Wahyuni Machmud; Rivai Bolotio; Abrari Ilham
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 2, No 1 (2021): Volume 2 No. 1 Maret 2021
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang efektivitas metode tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo. Metode tahfidz yang di maksud ini pada Pondok Pesantren yaitu, salah satu Pondok Pesantren yang mendirikan program tahfidz Al-Qur’an yang sampai saat inn berjalan dengan baik. Tujuannya dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang penerapan metode tahfidz dan kendala penerapan metode tahfidz di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesimpulan yang dapat di ambil dalam penelitian ini adalah yang pertama dalam penerapan metode tahfidz di pondok pesantren itu dimulai dengan persiapan metode tahfidz dimulai dengan santri mempersiapkan perangkat pembelajaran yaitu alat tulis menulis dan Al-Qur’an, pelaksanaan metode tahfidz para santri mewajibkan murojaah  hafalan di malam hari sebanyak 20 kali bacaan lalu disetorkan kepembimbingnya di subuh harinya, evaluasi metode tahfidz santri disuruh maju serta guru yang bersangkutan mengetes bacaan dari masing-masing santri. Kendala metode tahfidz yaitu terdapat factor internal dan factor eksternal pada saat program tahfidz  Al-Qur’an itu berjalan  Kata kunci:metode tahfidz Al-Qur’an
Analisis Penggunaan Aplikasi Quipper School Dalam Proses Pembelajaran Rumpun PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung Wadan Anuli; Ishak Talibo; Sarina Mochtar
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI yang digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai sarana pendukung kegiatan belajar dan apa manfaat penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri atas guru mata pelajaran rumpun PAI, peserta didik, kepala madrasah, dan ambassador, sedangkan sumber data sekunder meliputi dokumen, catatan, dan dokumentasi peserta didik dan guru rumpun PAI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan/verifikasi data. Selain itu, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dua cara yakni triangulasi sumber triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah cukup maksimal. Hal ini nampak dari adanya fasilitas berbasis teknologi yang memadai, pembelajaran yang ada di MAN 1 Bitung sudah 90% pembelajaran dilaksanakan secara online dengan berbasis pada penggunaan aplikasi quipper school, dan hampir semua guru mata pelajaran di MAN 1 Bitung sudah menguasai pembelajaran berbasis teknologi; 2) Penggunaan apilkasi quipper school memberikan manfaat baik bagi guru mata pelajaran rumpun PAI dan peserta didik diantaranya : 1) Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran rumpun PAI, 2) Membantu guru dalam menyampaikan materi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena penggunaan aplikasi quipper school tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan situasi. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah maksimal dan memberikan manfaat yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat disarankan penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran rumpun PAI.Kata kunci: Quipper school, Pendidikan Agama Islam.
Gempa Bumi di Palu dalam Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Manado : Kajian Teologi Bencana Selvianti Paputungan; Sulaiman Mapiasse; Rhyan Reksamunandar
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 3, No 1 (2022): Volume 3 No. 1 Maret 2022
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Gempa Bumi di Palu dalam Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Manado: Kajian Teologi Bencana. Dalam penelitian ini penulis ingin melihat sejauh mana guru-guru pendidikan agama Islam di kota Manado menghubungkan antara peristiwa gempa bumi di Palu dengan kemurkaan dan ketetapan Allah swt. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini diambil oleh penulis di Kota Manado provinsi Sulawesi Utara. Responden wawancara berjumlah lima belas orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajar di jenjang sekolah SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri  yang ada di kota Manado. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu Field Research (penelitian lapangan), serta di dukung oleh teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Palu jika dilihat dari perspektif guru-guru maka tidak terlepas dari kuasa Allah swt sebagai pencipta alam semesta. Allah swt menurunkan bencana sebagai teguran untuk manusia karena telah banyak melalaikan perintahNya serta tidak menjauhi laranganNya sehingga Allah swt menurunkan bencana untuk menunjukkan dan memperlihatkan kekuasaanNya agar manusia kembali kejalan yang benar serta bencana tersebut terjadi atas ketetapan Allah tidak dapat dimundurkan, dimajukan ataupun di rubah oleh manusia.Kata Kunci: Gempa Bumi, Perspektif, Guru PAI, Teologi, Bencana