Global Journal Basic Education
Vol 1 No 4 (2022): November

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES LAYANG BERTINGKAT KOTA MAKASSAR

Nasaruddin Nasaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Zaki Al Islam (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Bertingkat Kota Makassar. Desain penelitian iniyang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Variable bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Hedas Together. Variable terikat hasil belajar. Populasi penelitian 36 siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang peneliti gunakan berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasii dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial seperti uji normalitas, uji homogenitas,independent sample T-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (2,443)> t tabel (2,024) yang berarti penggunaan model pembelajaran numbered heads together memiliki efek pada hasil belajar. Nilai Sig. (2-Tailed)< 0,05 yaitu 0,019. Penggunaan model pembelajaran numbered heads together pada kelas IV berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar tematik siswa pada kelas kontrol dan eksperimen berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran numbered heads together berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Layang Bertingkat Kota Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...