Global Journal Basic Education
Vol 1 No 4 (2022): November

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 157 PASARAYA KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

Rahmawati Patta (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Rahman (Universitas Negeri Makassar)
Atria Salsabila Nur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 35 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 27 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan aktivitas belajar siswa dan hasil tes literasi numerasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup karena masih kurang dalam memahami masalah kontekstual dan menjelaskan masalah kontekstual. Kemudian dilakukan perbaikan proses pada pelaksanaan siklus II yaitu pada langkah memahami masalah kontekstual, guru memberikan petunjuk atau arahan kepada siswa untuk memahami masalah yang kurang dipahami dan pada langkah menyelesaikan masalah kontekstual, guru meminta siswa terlebih dahulu untuk mengidentifikasi masalah yang diberikan sebelum mengerjakannya. Sehingga aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hasil tes literasi numerasi siswa mengalami peningkatan dari kategori belum tuntas menjadi kategori tuntas pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan literasi numerasi siswa kelas V SD Negeri 157 Pasaraya Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...