Global Journal Basic Education
Vol 1 No 3 (2022): Agustus

Pengembangan Media Monopoli pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar

Erma Sahabuddin (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Syawaluddin (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Sri Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media monopoli pada mata pelajaran IPA di SD, khususnya di kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Penelitian ini mengembangkan produk yang berdasarkan pada hasil observasi kebutuhan siswa dengan menggunakan jenis penelitian research and development (R&D), sedangkan dalam proses pembuatan produknya model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Allesi dan Trollip, yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap planning (perencanaan), tahap design (perancangan) dan tahap development (pengembangan). Produk yang dihasilkan berupa media monopoli yang dikembangkan menggunakan aplikasi Microsoft Word 2010 dan Microsoft PowerPoint 2010. Penelitian ini melibatkan dua validator, yaitu validator ahli materi dan validator ahli media. Selain itu juga melibatkan guru dan siswa kelas IV UPT SPF SD Sudirman III Kota Makassar sebagai responden. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap media monopoli yang dikembangkan. Hasil validasi materi diperoleh sebesar 96,66% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media diperoleh 100% dengan kategori sangat layak menggunakan skala Likert. Respon guru diperoleh 90% dengan kategori sangat layak sedangkan respon siswa diperoleh sebesar 93,84% dengan kategori sangat layak menggunakan skala Gutman. Sehingga media monopoli pada mata pelajaran IPA kelas IV UPT SPF SD Sudirman III Kota Makassar dapat digunakan sebagai salah satu media belajar.dsd

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...