Global Journal Basic Education
Vol 1 No 3 (2022): Agustus

HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA TOTTONG KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Suarlin Suarlin (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Andi Makkasau (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Mardiana Mardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan (1) untuk mengetahui gambaran lingkungan sosial siswa sekolah dasar, (2) mengetahui gambaran karakter siswa sekolah dasar, (3) mengetahui hubungan lingkungan sosial dan pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Variabel X dalam penelitian ini adalah lingkungan sosial sedangkan variable Y yaitu pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa sekolah dasar yang ada di lingkup desa Tottong yakni UPTD SPF SDN 242 Balubue, UPTD SPF SDN 42 Turungeng Lappae, dan UPTD SPF SDN 183 Lapaddumpu dengan total siswa 135 orang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V dengan total samapel sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 17 siswa dari UPTD SPF SDN 242 Balubue, 16 siswa dari UPTD SPF SDN 42 Turungeng Lappae, dan 11 siswa dari UPTD SPF SDN 183 Lapaddumpu. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, gambaran lingkungan sosial siswa sekolah dasar menujukkan lingkungan yang baik dan berada pada kategori sedang; kedua, gambaran karakter siswa sekolah dasar ialah menunjukkan karakter yang baik baik intrapersonal maupun interpersonalnya dengan kategori sedang; ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial dengan pembentukan karakter siswa sekolah dasar di Desa Tottong Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dengan taraf signifikansi 5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...