Salah satu pemodelan yang dapat menggambarkan kepadatan kendaraan pada suatu jalan adalah Totally Asymentric Simple Exclusion Process (TASEP). TASEP merupakan suatu proses stokastik dimana partikel yang menempati sebuah kekisi akan bergerak ke kekisi tetangga terdekat selama kekisi tersebut tidak ditempati partikel lain. Pada penelitian ini telah dilakukan pemodelan TASEP 2D dengan satu input dan dua output. Hal ini bisa dianalogikan sebagai fenomena yang terjadi pada kendaraan yang memasuki sauatu jalan pertigaan. Profil kepadatan dianalisis berdasarkan perubahan input dan output. Fase yang terjadi pada penelitian ini ialah MC-LD-HD dan LD-LD. Arus maksimal terjadi ketika kepadatan partikel memiliki fase MC, dimana probabilitas maksimal arus kepadatan adalah 0.125.Salah satu pemodelan yang dapat menggambarkan kepadatan kendaraan pada suatu jalan adalah Totally Asymentric Simple Exclusion Process (TASEP). TASEP merupakan suatu proses stokastik dimana partikel yang menempati sebuah kekisi akan bergerak ke kekisi tetangga terdekat selama kekisi tersebut tidak ditempati partikel lain. Pada penelitian ini telah dilakukan pemodelan TASEP 2D dengan satu input dan dua output. Hal ini bisa dianalogikan sebagai fenomena yang terjadi pada kendaraan yang memasuki sauatu jalan pertigaan. Profil kepadatan dianalisis berdasarkan perubahan input dan output. Fase yang terjadi pada penelitian ini ialah MC-LD-HD dan LD-LD. Arus maksimal terjadi ketika kepadatan partikel memiliki fase MC, dimana probabilitas maksimal arus kepadatan adalah 0.125.
Copyrights © 2020