Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang
Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang

Analisis Potensial Penjalaran Gelombang Tsunami di Pesisir Barat Lampung, Indonesia

Dian Pratiwi (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung, Indonesia)
Arniza Fitri (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Tsunami yang didasari oleh kejadian gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan yang serius untuk penduduk wilayah pesisir pantai, terutama yang berada dekat dengan pusat gempa. Merujuk pada kejadian tsunami yang terjadi pada tahun 2004, pemerintah mulai mencanangkan pentingnya mitigasi untuk melindungi daerah pesisir pantai. Daerah Pesisir Barat Lampung merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan lempeng Eurasia. Hal ini dapat menjadi salah satu pemicu kemungkinan terjadinya gelombang tsunami pada Pesisir Barat Lampung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperlihatkan potensi penjalaran gelombang tsunami di daerah Pesisir Barat Lampung. Simulasi yang dilakukan dalam kajian ini meliputi dua tahapan: 1) simulasi dari penjalaran gelombang gempa dengan menggunakan data gempa pada tahun 2019 (magnitudo 5,1 di area sekitar Pesisir Barat Lampung) dan dengan mengasumsi magnitudo gempa sebesar 6,0; 7,0 dan 8,0 (simulasi dilakukan dengan menggunakan metode deformasi), 2) Simulasi penjalaran gelombang tsunami dengan menggunakan TUNAMI Modified (beta version). Berdasarkan hasil simulasi, penjalaran gelombang tsunami dengan magnitudo 5,1 tidak mencapai garis pantai pada daerah Krui dan Bengkunat. Sedangkan untuk gempa dengan magnitudo 8,0 menghasilkan gelombang sebesar 1,14 meter pada garis pantai Bengkunat. Walaupun penjalaran gelombang pada gempa 5,1 tidak mencapai garis pantai, namun perlu adanya simulasi potensial penjalaran gelobang tsunami untuk magtitudo gempa yang lebih besar guna pengambilan keputusan dalam penentuan mitigasi bencana di daerah Pesisir Barat Lampung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jts

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Padang atau disingkat JTS ITP ini dikelola oleh Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut teknologi Padang, Sumatra Barat, Indonesia. JTS ITP terbit 2 (dua) kali setiap tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli, sejak tahun 2014. Terhitung Juli 2016, ...