Journal of Biology Science and Education
Vol. 10 No. 1 (2022): Januari - Juni

Hubungan Stunting Dengan Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli

Alkarni Sarda (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Abd Hakim Laenggeng (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia)
Amiruddin Kasim (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan status stunting dengan prestasi belajar Siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Diule. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapatkan 120 siswa yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 84 siswa (69%) berstatus normal dan 36 siswa (31%) berstatus stunting. Pada prestasi belajar terdapat 114 siswa (95%) pada kategori baik dan 6 siswa (5%) pada kategori kurang. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment yaitu dengan nilai 0.331 pada signifikansi 5% ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2 -tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dengan rincian yaitu 0,048 < 0.05 yang berarti bahwa Hâ‚€ ditolak dan Ha diterima dengan interprestasi bahwa terdapat hubungan yang rendah antara status stunting dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Diule Kecamatan Tolitoli Utara Kabupaaten Tolitoli.

Copyrights © 2022