Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2021): Vol. 1 No. 2 (2021): Maret | Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra |

Pembelajaran Sastra pada Siswa Sekolah Dasar Berorientasi pada Menulis Puisi dan Prosa

Nurlaili (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Kemampuan bersastra siswa sekolah dasar sebaiknya mendapat perhatian dari penentu kebijakan kurikulum dan juga guru yang mengajar di sekolah dasar. Salah satu upaya peningkatan daya literasi siswa sekolah dasar dapat dilakukan melalui pembelajaran sastra. Metode yang dilakukan untuk menginput informasi terkait pembelajaran sastra di sekolah dasar adalah metode kajian kepustakaan dengan menelaah beberapa buku sumber rujukan. Dari telaah yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran sastra yang berorientasi pada menulis puisi dan prosa ini sebaiknya dilakukan oleh guru pengajar yang minimal memiliki kemampuan apresiasi sastra dan memahami karakter siswa. Selanjutnya, pembelajaran sastra di sekolah dasar diharapkan dilakukan dengan menyenangkan. Untuk itu, berbagai pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran dapat diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang didapatkan dalam telaah ini adalah model pembelajaran Stratta dan Sinektik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...