Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 1, No. 1, April 2021

Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede

Asna Nur Rachma (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Afifah Endah Sasanti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTA) dan menganalisis implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTA) melalui metode Iqro’ di Dukuh Tebon Gede RW 08, Tambongwetan, Kalikotes, Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang meneliti kualitas data (konsep, pemikiran, dan perilaku) dan mendeskripsikannya sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan baca tulis Al-Qur’an (BTA). Metode wawancara dengan narasumber anggota Grup PRIMBON di Dukuh Tebon Gede RW 08, Tambongwetan, Kalikotes, Klaten. Hasil dari pengabdian ini, pembelajaran BTA melalui metode Iqro’ dari jilid 1 sampai dengan jilid 6 pada anak SD Dukuh Tebon Gede menyajikan keringanan pada anak-anak secara perlahan dalam belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Sehingga anak dapat meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...