Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)
Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022

PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SOSIOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL (Studi Pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung)

Deri Oktaviano (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Industri otomotif, khususnya industri mobil memiliki peran penting sebagai alat transportasi yang dapat menunjang mobilitas masyarakat dalam aktivitas mereka sehari-hari termasuk untuk bekerja. Pasar otomotif di Indonesia sebagian besar dikuasai oleh mobil merek Jepang, diantaranya adalah Toyota. Faktor psikologis dan sosiologis konsumen diperhitungkan secara matang oleh para pengusaha, hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan apakah konsumen mau atau tidak membeli hasil produksinya. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya/kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor psikologis dan sosiologis terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Avanza di Provinsi Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli mobil Avanza di Provinsi Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis dan sosiologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Avanza di Provinsi Lampung. Kata kunci: Faktor Psikologis, Faktor Sosiologis, Keputusan Pembelian, Toyota Avanza

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

smart

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JOURNAL SMART: Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas ...