cover
Contact Name
Larasati Ahluwalia
Contact Email
larasatiahluwalia@teknokrat.ac.id
Phone
+6281325676915
Journal Mail Official
teknomark@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A. Pagar Alam No.9-11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung. 35132
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)
ISSN : 29619882     EISSN : 29638844     DOI : https://doi.org/10.33365/smart.v1i2
Core Subject : Economy,
JOURNAL SMART: Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology is a scientific journal published by the Faculty of Economy and Business, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of management research, including : Financial Management ( Financial Technology, Financial Performance, Coorporate Finance), Human Resources Management ( Leadership, Organizational Behavior, Creativity, Human Capital), Marketing Management ( Brand Management, Consumers Behaviour, Green Marketing, Internet Marketing).
Articles 22 Documents
KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, PENGHARGAAN, DAN SANKSI YANG DI IMPLEMENTASIKAN PADA KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung) Stevani Ayu Andarista; Larasati Ahluwalia; Maidiana Astuti Handayani
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.147 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan demokratis,penghargaan, dan sanksi pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional WayKambas (TNWK) Lampung. Populasi penelitian adalah Pegawai Negeri Sipil Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pegawai Kantor Balai Taman Nasional WayKambas (TNWK) Lampung. Metode pengambilan sampel menggunakan metodenon probability sampling dengan kategori sampling purposive, yaitu teknik yangtidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih dan dijadikan sampel dan melalui beberapa pertimbangan pemilihan sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu untuk mencapai tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan variabel penghargaan secara parsial berpengaruh pada kinerja pegawai, sedangkan variabel sanksi secara parsial terbukti tidak berpengaruh pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung. Secara simultan, variabel kepemimpinan demokratis, penghargaan dan sanksi terbukti berpengaruh secara bersama-sama pada kinerja pegawai Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung. Sedangkan berdasarkan pada koefisien determinasi (R2) sebesar 0.468 atau 46,8%. Hal ini menujukkan bahwa sebesar 46,8% kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan demokratis (X1), penghargaan (X2), dan sanksi (X3). Sedangkan sisanya 53,2% terdapat pada variabel lain yang tidak berada atau tidak diteliti pada penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan Demokratis, Penghargaan dan Sanksi, Kinerja Pegawai dan Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung.
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SOSIOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL (Studi Pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung) Deri Oktaviano
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.872 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i2.1685

Abstract

Industri otomotif, khususnya industri mobil memiliki peran penting sebagai alat transportasi yang dapat menunjang mobilitas masyarakat dalam aktivitas mereka sehari-hari termasuk untuk bekerja. Pasar otomotif di Indonesia sebagian besar dikuasai oleh mobil merek Jepang, diantaranya adalah Toyota. Faktor psikologis dan sosiologis konsumen diperhitungkan secara matang oleh para pengusaha, hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan apakah konsumen mau atau tidak membeli hasil produksinya. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya/kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor psikologis dan sosiologis terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Avanza di Provinsi Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli mobil Avanza di Provinsi Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis dan sosiologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Avanza di Provinsi Lampung. Kata kunci: Faktor Psikologis, Faktor Sosiologis, Keputusan Pembelian, Toyota Avanza
PEMAHAMAN INVESTASI GENERASI MILENIAL PADA MINAT BERINVESTASI DI PEER TO PEER LENDING DI BANDAR LAMPUNG Ade Lahta Tarigan
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.761 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari setiap dimensi pemahaman investasi yaitu pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, manfaat dan risiko terhadap minat berinvestasi pada Peer To Peer Lending. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 114 responden yaitu masyarakat Provinsi Lampung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi pemahaman investasi yaitu pengetahuan, kemudahan, kepercayaan, manfaat dan risiko berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi pada Peer To Peer Lending. Kesimpulan dari penelitian ini minat generasi milenial untuk berinvestasi di Peer To Peer Lending dapat ditingkatkan dengan meningkatkan teknologi yang mempermudah generasi milenial dalam menggunakan aplikasi dari Peer To Peer Lending.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU HILO DI BANDAR LAMPUNG supendi supendi supendi
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.947 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i2.1154

Abstract

Industri pengolahan susu terbuka luas dengan meningkatnya jumlah penduduk. Oleh karenanya perusahaan dituntut untuk berinovasi dalam hal strategi bauran pemasaran untuk mencapai tujuan serta memahami pasar dan apa keinginan konsumen agar mengambil keputusan memilih produk perusahaannya. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk susu HiLo di Bandar Lampung. Metode analisis data dengan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu HiLo di Bandar Lampung. Sedangkan secara parsial, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu HiLo di Bandar Lampung, sedangkan produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk susu HiLo di Bandar Lampung.
PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK Dwiky Disastra
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.035 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i2.1702

Abstract

Persaingan antar pasar industri otomotif terus berkembang. Hal ini terbukti dengan banyaknya jenis dan merek sepeda motor yang beredar. Membanjirnya produk sepeda motor di pasaran mempengaruhi sikap seseorang terhadap pembelian dan pemakaian barang. Ada dua merek yang sangat banyak peminatnya di indonesia yaitu Honda Dan Yamaha dikarenakan keduanya memang memiliki Citra Merek dan Kepercayaan Merek di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada pengguna sepeda motor Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda motor di Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek pengguna sepeda motor di Bandar Lampung.
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN SUB SEKTOR SAWIT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017 -2019) Sandi Dwi Prasetyo
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.948 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap harga saham perusahaan perkebunan subsektor kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengolah data berupa angka-angka yang diukur secara sistematis. Data terukur diperoleh dari perusahaan sub sektor perkebunan kelapa sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019 yang diperoleh dari website masing-masing perusahaan. Sedangkan data harga saham diperoleh dari situs dunia investasi di www.duniainvest.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR ekonomi terhadap harga saham berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Lingkungan terhadap harga saham tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Sosial terhadap harga saham tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, Pengungkapan CSR Ekonomi, Pengungkapan CSR Lingkungan, Pengungkapan CSR Sosial berpengaruh signifikan terhadap harga saham secara simultan.Kata Kunci : Pengungkapan CSR Ekonomi, Pengungkapan CSR Lingkungan, Pengungkapan CSR Sosial dan Harga Saham
THE EFFECT OF LEADERSHIP STYLE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. PERDANA ADHI LESTARI BANDAR LAMPUNG supandi - -
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.024 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i2.1155

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, banyak perusahan dunia bahkan pembisnis lokal pun bersaing dalam menggembangkan dan memajukan perusahannya. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Dalam hal gaya kepemimpinan yang berfokus pada gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan partisipasi, dan gaya kepemimpinan delegasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Perdana Adhi Lestari Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 118 responden. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otoriter (X1), gaya kepemimpinan partisipasi (X2), dan gaya kepemimpinan delegasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dari masing–masing variabel (X) mempengaruhi variabel (Y). Sedangkan hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa gayakepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan partisipasi, dan gaya kepemimpinan delegasi bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Perdana Adhi Lestari Bandar Lampung. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Otoriter, Gaya Kepemimpinan Partisipasi, Gaya Kepemimpinan Delegasi, Kinerja Karyawan
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK PEMPEK PERMATA BANDAR LAMPUNG Erlan Kusuma Roza; Dian Novita; Yusra Fernando
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.253 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1069

Abstract

AbstractUMKM Pempek Permata Bandarlampung must be able to optimize its economic resources to increase competitiveness in the market and be able to formulate effective marketing strategies and always develop in a sustainable manner. Customer Satisfaction is influenced by Service Quality which must pay attention to five (5) indicators, namely Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy (Emphaty) so as to improve service quality in order to improve number of subscribers. The results showed that the five (5) indicator variables of Service Quality had a significant positive effect. This shows the Tangible indicator variable (Physical Evidence) 73%, Reliability 91%, Responsiveness (Response) 84%, Assurance (Guarantee) 60%, Empathy (Empathy) 76%, which means it can partially influence customer satisfaction. at Pempek Permata Bandarlampung. Keywords: Service Quality: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Customer Satisfaction AbstrakUMKM Pempek Permata Bandarlampung harus mampu mengoptimalkan sumber daya ekonominya guna meningkatkan daya saing di pasar serta mampu meramu strategi pemasaran yang efektif dan selalu mengembangkan secara berkelanjuta. Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Service Quality yang harus memperhatikan lima (5) indikator yaitu Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty) sehingga meningkatkan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke lima (5) variable indikator dari Service Quality  memiliki pengaruh positif signifikan. Hal ini menunjukan variabel indikator Tangible (Bukti Fisik) 73%, Reliability (Kehandalan) 91%, Responsiveness (Respon) 84%, Assurance (Jaminan) 60%, Empathy (Empati) 76%, yang berarti mampu mempengaruhi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan di Pempek Permata Bandarlampung.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Bukti fisik, Kehandalan, Respon, Jaminan, Empati, Kepuasan Pelanggan
PENGARUH PENERAPAN ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BAGIAN PENGADAAN BARANG/JASA SEKRETARIAT KOTA BANDAR LAMPUNG Syafira Nurul Azizah
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 2 (2022): Volume 1, No.2, Juni 2022
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.992 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i2.1742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penerapan absensi Fingerprint terhadap disiplin kerja Aparatur Sipil Negara pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Kota Bandar Lampung. Desain penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 32 sampel yang dijadikan sebagai responden dengan menggunakan metode teknik sampling jenuh. Setiap butir pertanyaan mengandung indikator yang mengacu pada teori-teori yang bersangkutan dengan penelitian. Indikator dari pengaruh penerapan absensi Fingerprint (variabel X), yaitu praktis, akurat, sekuritas tinggi, dan indikator dari disiplin kerja (variabel Y), yaitu kehadiran, ketaatan pada peraturan kerja, ketaatan pada standar kerja, tingkat kewaspadaan tinggi dan bekerja etis. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan alat ukur analisis regresi sederhana serta menggunakan alat bantu uji instrument seperti uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas juga menggunakan uji hipotesis determinasi (R²), dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan absensi Fingerprint  berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja Aparatur Sipil Negara pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Kota Bandar Lampung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan absensi Fingerprint dapat meningkatkan disiplin kerja Aparatur Sipil Negara. Kata kunci : Absensi Fingerprint, Disiplin Kerja, Sekretariat Kota Bandar Lampung
ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK (SURVEY PADA KONSUMEN PT INTI BHARU MAS LAMPUNG) Ovan Firnando; Dian Novita; Larasati Ahluwalia
Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART) Vol 1, No 1 (2021): Volume 1 No. 1 Desember 2021
Publisher : Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.725 KB) | DOI: 10.33365/smart.v1i1.1111

Abstract

Saluran distribusi dan promosi merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena memang tanpa adanya saluran distribusi yang baik dan tepat dari perusahaaan maka target penjualan yang akan perusahaaan capai akan mengalami kesulitan dalam mencapai targetnya tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden yaitu konsumen dari PT Inti Bharu Mas Lampung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh  secara parsial dan simultan variabel saluran distribusi dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan perbandingan nilai thitung ttabel dan Fhitung Ftabel. Kata Kunci: saluran distribusi, promosi, dan keputusan pembelian

Page 1 of 3 | Total Record : 22