BKM Public Health and Community Medicine
Vol 34, No 5 (2018): Proceedings the 3rd UGM Public Health Symposium

Relationship between Management Commitment, OSH Behavior, and Work Shift with Occupational Accident at RSUD Kanjuruhan Kepanjen Malang Regency

Hesti Diana Rosia Puspitasari (Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)
Santosa Budiharjo (Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)
Yayi Suryo Prabandari (Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

TujuanMengetahui adanya hubungan antara komitmen manajemen dan kejadian kecelakaan kerja pada  pekerja di unit berisiko di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang.Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan studi cross sectional. Pada penelitian ini dibutuhkan 55 pekerja yang diambil dari total populasi 6 unit berisiko yakni sebesar 119 pekerja. Salah satu kriteria inklusi yang penting yakni pekerja sudah bekerja minimal selama 1 tahun terakhir. Data dianalisis dengan menggunakan analisis univariabel, bivariabel, dan multivariabel.Hasil Hasil analisis variabel komitmen manajemen diperoleh nilai p = 0,004 (p < 0,05) yaitu ada hubungan yang signifikan dengan komitmen manajemen kecelakaan kerja. Koefisien negatif -0,382 yang berarti semakin tinggi komitmen manajemen akan mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Korelasi perilaku K3 dengan kecelakaan kerja diperoleh nilai p = 0,004 (p < 0,05) menunjukkan adanya ada hubungan yang signifikan. Koefisien negatif -0,409 yang berarti semakin tinggi perilaku K3 akan mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Hasil Korelasi Spearman variabel shift kerja memperoleh nilai p = 0,012 (p > 0,05) yaitu ada hubungan yang signifikan shift kerja dengan kecelakaan kerja. Koefisien positif 0,335 dengan nilai mean dari shift  malam yang memiliki nilai tertinggi yang berarti shift malam mengalami tingkat kecelakaan kerja lebih tinggi dibandingkan dengan pagi atau siang. Hasil uji multivariabel memperoleh nilai F hitung 9,93 dengan p = 0,000 yang berarti bahwa komitmen manajemen, perilaku K3 dan shift kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kecelakaan kerja.SimpulanDari hasil penelitian didapatkan kesimpulan terdapat hubungan signifikan antara komitmen manajemen, perilaku K3 dan shift kerja dengan kejadian kecelakaan kerja di RSUD Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang. Diharapkan setelah adanya penelitian ini terdapat manfaat yang dirasakan khususnya oleh stakeholders tempat penelitian agar lebih mengedepankan K3 di tempat kerja agar perilaku keselamatan pekerja dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan pula rasa aman dan selamat ketika akan, saat, dan setelah bekerja, contohnya dengan memperbanyak jumlah pelatihan K3 dan pemantauan angka kejadian kecelakaan kerja secara berkala.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bkm

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Berita Kedokteran Masyarakat (BKM Public Health and Community Medicine) is a peer-reviewed and open access journal that deals with the fields of public health and public medicine. The topics of the article will be grouped according to the main message of the author. This focus covers areas and scope ...