Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 1 No. 1 Januari 2020

KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA

Toni Habib Burohman (Unknown)
N Nurullaningsih, M.Pd (Unknown)
F.A. Milawasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah hubungan antara kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Jumlah partisipan sebanyak  256 siswa yang terdaftar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Dengan menggunakan teknik sampel bertujuan, siswa kelas X IPS 4 sebagai sampel penelitian.  Teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner (angket) untuk kebiasaan membaca dan tes tertulis untuk kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori baik dengan frekuensi 23 (71%) dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori sangat baik dengan frekuensi 27 (84%). Dengan hasiL tersebut maka terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa.Kata Kunci: korelasi, kebiasaan membaca, teks anekdot

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...