Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 1 No. 1 Januari 2020

HUBUNGAN MEMBACA TEKS WAWANCARA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 PALEMBANG

D Diana (Unknown)
F.A. Milawasri (Unknown)
Nyayu Lulu Nadya (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 palembang. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan korelasional. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas VII.2 berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) untuk membaca teks wawancara dan tes tertulis untuk kemampuan menulis karangan narasi. Validitas yang dilakukan menggunakan analisis item. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan formula Alpha Croanbach dan diperoleh hasil sebesar 0,653. Hasil tersebut termasuk dalam koefesien korelasi 0,600—0,800 yang berarti instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas cukup. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Analisis data dihitung menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) membaca teks wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); dan (3) terdapat hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang, yaitu sebesar 0,66 yang termasuk dalam interval koefesien 0,60 — 0,799 dengan tingkat hubungan kuat dan signifikan dengan kontribusi 43,5%.Kata Kunci: Korelasi, Teks Wawancara, Karangan, SMP.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...