Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
Vol. 1 No. 1 Januari 2020

HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 PALEMBANG

Gusti Agustina (Unknown)
F.A. Milawasri (Unknown)
Falina Noor Amalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto atau penelitian yang tidak memberikan perlakuan pada variabel, tetapi memfokuskan pada hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 468 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 39siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pearson product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan kemampuan menulis cerita pendek siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil rhitungĀ  lebih besar dari rtabel (7.880>0.325). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang. Hubungan tersebut termasuk dalam kategori sangat kuat.Kata Kunci: berpikir kreatif, kebiasaan membaca, menulis cerpen

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didactiquebahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi ...