Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 2, No. 1: January - June 2021

Analisis persepsi peserta didik terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 1 Tapan

Ruri Afria Nursa (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap bimbingan konseling di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik di SMAN 1 BAB Tapan. Pengutipan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yakni mengambil kelas X, XI dan XII dengan jumlah sampel 88 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini angket persepsi peserta didik terhadap bimbingan konseling yang terdiri dari 20 item. Analisis data menggunakan perhitungan mean dan SD sehingga skor peserta didik dapat dikategorikan persepsi sangat setuju, setuju, sedang, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian ini yaitu: persentase jumlah peserta didik yang memiliki kategori sangat setuju adanya bimbingan dan konseling sebesar 7,95%, setuju adanya bimbingan dan konseling 52,27%, sedang adanya bimbingan dan konseling 32,95%, tidak setuju adanya bimbingan dan konseling 5,68%, dan sangat tidak setuju adanya bimbingan dan konseling 1,15%. Terjadinya persepsi termaktub akibat faktor eksternal yaitu dari situasi layanan bimbingan konseling dan faktor internal dari karakteristik peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...