Bajra : Jurnal Keolahragaan
Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022

EFEKTIVITAS PELATIHAN DOUBLE LEG BOUND TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI

Dewa Gede Adi Mandala Putra (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Maryoto Subekti (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Ketut Sumerta (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Gusti Putu Ngurah Adi Santika (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri Gianyar diperoleh data bahwa daya ledak otot tungkai siswa masih berada pada level kurang. Terkait dengan hal itu maka dilakukan penelitian terkait dengan daya ledak otot tungkai melalui pelatihan double leg bound. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari pelatihan double leg bound terhadap daya ledak otot tungkai. Sampel penelitian berjumlah 50 orang yang berasal dari keseluruhan siswa kelas XI SMK Negeri Gianyar dengan teknik sampling populasi study. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan double leg bound meningkatkan daya ledak otot tungkai dengan diperoleh beda rerata pada kelompok perlakuan 5,68 cm dan 2,56 cm pada kelompok kontrol dengan persentase peningkatan 11,15% untuk kelompok perlakuan dan 5,04% untuk kelompok kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Bajra : Jurnal Keolahragaan adalah jurnal keolahragaan yang dikelola oleh bidang penelitian dan pengembangan KONI Provinsi Bali. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan April dan September. Memuat tulisan berbahasa Indonesia maupun Inggris yang berasal dari hasil penelitian, kajian ...