Bajra : Jurnal Keolahragaan
Vol. 1 No. 1 (2022): April 2022

PELATIHAN BARRIER JUMP SETINGGI 50 CM 10 REPETISI 4 SET TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI

I Gusti Putu Sudaena Yasa (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Maryoto Subekti (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Ketut Sumerta (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Gusti Putu Ngurah Adi Santika (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kediri Tabanan khususnya pada ekstrakurikuler bola voli ditemukan masih kurangnya daya ledak otot tungkai siswa yang berimbas terhadap prestasi bola voli di sekolah tersebut. Terkait dengan hal itu maka dilakukan penelitian terkait dengan daya ledak otot tungkai melalui pelatihan barrier jump setinggi 50 cm. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan barrier jump terhadap daya ledak otot tungkai. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang diambil secara random dari 43 orang populasi yang ada dengan mempergunakan rumus pocock. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelatihan barrier jumpt setinggi 50 cm meningkatkan daya ledak otot tungkai dengan diperoleh beda rerata pada kelompok perlakuan 5,3 cm dan 3 cm pada kelompok kontrol dengan persentase peningkatan daya ledak otot tungkai 12,6% untuk kelompok perlakuan dan 7,1% untuk kelompok kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Bajra : Jurnal Keolahragaan adalah jurnal keolahragaan yang dikelola oleh bidang penelitian dan pengembangan KONI Provinsi Bali. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan April dan September. Memuat tulisan berbahasa Indonesia maupun Inggris yang berasal dari hasil penelitian, kajian ...