Bajra : Jurnal Keolahragaan
Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022

PELATIHAN NAIK TURUN BANGKU SETINGGI 50 CM 10 REPETISI 2 SET TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI

I Wayan Himawan (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Komang Ayu Tri Widhiyanti (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Kadek Suryadi Artawan (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Agustinus Dei (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Maryoto Subekti (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Gusti Putu Ngurah Adi Santika (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang dihasilkan oleh pelatihan naik turun bangku setinggi 50 cm 10 repetisi 2 set terhadap kekuatan otot tungkai. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan experimental randomized pre-test and post-test groups design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang yang diambil berdasarkan rumus pocock yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kekuatan otot tungkai pada pelatihan naik turun bangku setinggi 50 cm 10 repetisi 2 set dengan peningkatan kekuatan 3,3 kg/bb atau meningkat 2,4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Bajra : Jurnal Keolahragaan adalah jurnal keolahragaan yang dikelola oleh bidang penelitian dan pengembangan KONI Provinsi Bali. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan April dan September. Memuat tulisan berbahasa Indonesia maupun Inggris yang berasal dari hasil penelitian, kajian ...