PubBis : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis
Vol 2 No 1 (2018)

PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAHDI KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG (Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah)

Nurmalasyiah Nurmalasyiah (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Lilis Suryani (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan kebijakan pengelolaan sampah terhadap partisipasi masyarakat dan efektivitas pengelolaan sampah di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong, baik langsung maupun tidak langsung. Responden berjumlah 60 orang, terdiri dari 30 petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Distrik Tabalong dan 30 orang masyarakat di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode alternatif Partial Least Squares (PLS) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh signifikan pelaksanaan kebijakan pengelolaan sampah terhadap partisipasi masyarakat di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong; 2) tidak ada pengaruh signifikan pelaksanaan kebijakan pengelolaan sampah terhadap efektifitas pengelolaan sampah di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong; 3) ada pengaruh signifikan partisipasi masyarakat terhadap efektivitas pengelolaan sampah di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong; dan 4) tidak ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan kebijakan pengelolaan sampah melalui partisipasi masyarakat terhadap efektivitas pengelolaan sampah di Kecamatan Murung Pudak Kecamatan Tabalong. Saran bahwa DLH dapat melakukan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah berdasarkan Perda No. 14 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Tabalong.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PubBis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal PubBis provides media to publish original articles in the form of a unique new knowledge in the fields of public administration and business administration. This journal opens opportunities for the publication of the existence and research sharing and sustainable efforts development in ...