Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2017): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SMP NEG. 6 LUWUK

MERIYANTI ROMBOT (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)
FITRIANTI (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan meggunakan teknik pengumpulan data (1) metode observasi (2) metode tes . Dengan jumlah populasi 329 peserta didik dan sampel yang dijadikan objek penelitian berjumlah 15% dari 329 peserta didik yaitu 48 peserta didik . Untuk uji normalitas data didapatkan bahwa variabe X dan Y berdistribusi normal. Hasil Penelitian kemudian dianalisis menggunakan korelasi produk moment dengan hasil (r)= 0,477 berada pada rentang 0,41 – 0,60 dengan criteria hubungan cukup. = 41,6192 + 0,43561Xi. Setelah dilakukan pengujian signifikansi dengan menggunakan uji F dengan kaidah keputusan , maka signifikan. Didapatkan bahwa , yakni Fhitung = - 0, 4782 dan Ftabel = 2,20 , maka dapat di simpulkan bahwa Fhitung = - 0, 4782 < Ftabel = 2,20 data berpola linear. Dimana terdapat terdapat hubungan yang signifikan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Di SMP Negerei 6 Luwuk Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...