Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2017): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) PADA MATERI LOGIKA KELAS XD SMA NEGRI 1 BUNTA

NURLAN PAKAYA (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas XD SMA Negeri 1 Bunta Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada materi Logika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XD SMA Negeri 1 Bunta yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik melalui pembelajaran model Numbered Heads Together dan tes kemampuan penalaran matematika. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran peserta didik dan guru serta kemampuan penalaran matematika terhadap tiga indikator yaitu, (1) kemampuan mengajukan dugaan, (2) melakukan manipulasi, dan (3) menarik kesimpulan dari pernyataan. Dengan demikian, pembelajaran melalui model Numbered heads Together dapat digunakan dalam membelajarkan materi Logika karena mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada peserta didik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...