Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2018): Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, Oktober 2018

KAJIAN TEORITIS DARI ASPEK MANFAAT PENGGUNAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI TENAGA PENDIDIK SERTA TANTANGAN SEPUTAR PENELITIAN TINDAKAN

Ilham Akbar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tompotika Luwuk)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2021

Abstract

Dalam konteks pembelajaran di sekolah, penelitian tindakan kelas dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar, prestasi peserta didik, mutu pembelajaran, assesmen pembelajaran, dan berbagai aspek dalam dan terkait dengan pendidikan. Penelitian tindakan memiliki potensi untuk menghasilkan peningkatan yang nyata di sekolah. Penelitian tindakan bahkan berpeluang untuk merefleksikan, melakukan assesmen, mengeksplorasi, dan juga menguji ide-ide baru, metode, bahan, dan serta untuk melakukan assesmen bagaimana efektif sebuah pendekatan, metode, model yang dilakukan, saling berbagi umpan-balik (feedback) sesama anggota tim teaching, untuk membuat keputusan mengenai kurikulum, evaluasi pembelajaran, perencanaan assesmen. Tulisan ini mengulas seputar isu-isu penggunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara teoritis, pelbagai aspek manfaat dan juga tantangan-tantangannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan ...