Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerja bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Luwuk, 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja bagi sekolah dalam membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan yang menjadi subjek penelitian adalah kepalah sekolah, guru bidang studi, guru BK dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program kerja yang ada di SMP Negeri 2 Luwuk sudah cukup baik namun akan lebih baik lagi jika guru BK lebih 1)Memahami secara mendalam konseli yang hendak dilayani, 2)Menguasai landasan teori bimbingan dan konseling, 3)Menyelenggarakan program bimbingan dan konseling yang memandirikan. Dan yang menjadi hambatan bagi sekolah dalam membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan peogram kerjanya yakni kurangnya kerja sama orang tua dalam mendidik anak di sekolah, dikarenakan orang tua memberikan wewenang penuh kepada guru bimbingan dan konseling dalam mendidik peserta didik sedangkan peran orang tua lebih penting dalam mendidik kepribadian anak di dalam lingkungan keluarga.
Copyrights © 2019