Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematis Project (MMP) dengan mengukur perbedaan kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematis Project (MMP) dan kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Berdasarkan hasil penlitian didapatkan bahwa kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dari hasil perhitungan menggunakan uji F ANACOVA diperoleh = 14,06 lebih dari = 4,08 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat bebas pembilang = 1 dan derajat bebas penyebut = 39. Dengan demikian hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa kemampuan pemahaman prosedural matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diterima.
Copyrights © 2020