Borobudur Communication Review
Vol 2 No 2 (2022)

Spiritual Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Religi

Prihatin Dwihantoro (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Adi Nur Vianto (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Potensi wisata yang berkembang saat ini adalah wisata religi atau yang biasa disebut dengan ziarah. Wisata religi merupakan kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, kepuasan serta pengetahuan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui stategi promosi dan spiritual marketing yang digunakan pengelola wisata religi Makam Aulia Gunungpring serta sebagai pariwisata berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Makam Aulia Gunungpring telah melaksanakan konsep spiritual marketing akan tetapi sudah secara baik. Namun, makam Aulia Gunungpring belum menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial guna mendukung kegiatan spiritual marketing. Konsep spiritual marketing menjadi strategi pemasaran pariwisata Gunungpring yang religius dan sarat dengan nuansa budaya. Konsep spiritual marketing memiliki orientasi kepada Allah, sehingga seluruh proses dalam kegiatan pemasaran mengikuti tuntunan Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bcrev

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Borobudur Communication Review, publishes research and innovative ideas on communication. Borobudur Communication Review is published by Department of Communication, Muhammadiyah Magelang University. Borobudur Communication Review covers the following fields: digital communication, digital PR, ...