cover
Contact Name
Prihatin Dwihantoro
Contact Email
bpst@unimma.ac.id
Phone
+6285640153961
Journal Mail Official
bpst@unimma.ac.id
Editorial Address
Jalan Mayjen Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Kab. Magelang, Provinsi Jawa Tengah, 56172 Telp/Fax: 0293 326945 ext. 132 / 0293 325554
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Borobudur Communication Review
ISSN : -     EISSN : 27770796     DOI : https://doi.org/10.31603/bcrev.4982
Core Subject : Education, Social,
Borobudur Communication Review, publishes research and innovative ideas on communication. Borobudur Communication Review is published by Department of Communication, Muhammadiyah Magelang University. Borobudur Communication Review covers the following fields: digital communication, digital PR, online journalism, digital etnology, digital empowerment, digital advertising, etc.
Articles 21 Documents
Content and Audience Commodification of Foodgram @Jogjafoodhunter as Information Media for Popular Culinary in Yogyakarta Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali; Erwin Rasyid; Santi Parianti
Borobudur Communication Review Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4834

Abstract

Pertumbuhan pesat pengguna media sosial menyebabkan munculnya akun buzzer. Diantara dampaknya adalah hadirnya para penggiat akun instagram, terkhusus tentang kuliner. Adanya informasi kuliner bercampur dengan praktik bisnis dalam konten iklan di akun instagram @Jogjafoodhunter seakan membuat komoditas baru yang layak dijual. Hal tersebut menimbulkan konsekuensi baru dengan adanya pergeseran esensi informasi kuliner untuk menggeser perannya sebagai wadah bisnis bagi pemilik akun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi konten dan audience pada akun @Jogjafoodhunter sebagai media informasi kuliner populer. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Di akhir penelitian ditemukan bahwa unggahan di akun @Jogjafoodhunter telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi bagian dari konten untuk menarik pengikut membeli produk sekaligus menjadi orang yang konsumtif. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya proses komodifikasi konten. Selain itu terdapat komodifikasi audiens pada akun ini, yakni sebagai penambah rating akun bagi pengiklan.
Pemanfaatan Twitter sebagai Media Publikasi Humas Polresta Surakarta dalam Menciptakan Citra Positif Mustaan Mustaan; Aris Sulistiawati; Sofia Ningsih Rahayu P
Borobudur Communication Review Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4846

Abstract

Twitter merupakan salah satu media sosial yang berkembang pesat pada saat ini. Munculnya twitter dapat dimanfaatkan sebagai penghubung antar para penggunanya dengan informasi terbaru tentang hal yang menarik minat masyarakat. Twitter merupakan sarana untuk memberikan informasi kegiatan suatu instansi karena memiliki jangkauan yang luas, dan mudah diakses oleh masyarakat, sehingga menjadi pilihan humas Polresta Surakarta dalam mengaplikasikan setiap kegiatan Polresta Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan twitter sebagai media publikasi humas Polresta Surakarta dalam menciptakan citra positif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial twitter yang dilakukan oleh humas Polresta Surakarta sudah dapat memenuhi 5 aspek dalam memanfaatkan media sosial sebagai media publikasi antara lain: aspek kognitif yaitu humas polresta surakarta berusaha memenuhi kebutuhan informasi yang berkaitan dengan Polresta Surakarta. Aspek afektif yaitu humas Polresta Surakarta juga memanfaatkan fitur yang ada pada twitter untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi. Aspek integrasi personal yaitu humas Polresta Surakarta memberikan informasi mengenai prestasi-prestasi anggota kepolisian. Aspek integrasi sosial yaitu Humas Polresta Surakarta memberikan informasi mengenai kedekatan sosial antara anggota kepolisan dengan masyarakat. Aspek pelepaskan ketegangan dilakukan humas Polresta Surakarta dengan memberikan informasi mengenai even atau lomba yang ada di Polresta Surakarta. Dalam menciptakan citra positif Humas Polresta Surakarta sudah memenuhi komponen pembentukan citra antara lain (persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap).
Pandemi dan Ketahanan Transportasi Umum: Kajian Literatur pada Suroboyo Bus dalam Merespon Pandemi COVID-19 Lenny Luthfiyah
Borobudur Communication Review Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4897

Abstract

Pandemi COVID-19 menuntut kebijakan dari pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran virus di wilayahnya. Kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Surabaya memengaruhi pola aktivitas individu dan sistem transportasi yang ada. Studi ini merupakan kajian pustaka mengenai respon Suroboyo Bus sebagai salah satu angkutan umum di Kota Surabaya terhadap stimuli berupa pandemi COVID-19. Suroboyo Bus mengalami penurunan pengguna hampir 70% pada April 2020 jika dibandingkan dengan Januari 2020. Kebersihan Suroboyo Bus dijaga dengan penyemprotan disinfektan pada terminal, unit bus dan halte. Petugas memberlakukan pengecekkan suhu penumpang, pemberian handsanitizer, kewajiban penggunaan masker. Pada masa pandemi Suroboyo Bus meluncurkan fitur membership dengan pemberlakuan scan QR code yang mengakomodasi e-ticketing dan menawarkan hadiah poin perjalanan dapat ditukarkan dengan kupon pada pusat oleh-oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Surabaya. Penerapan respon di lapangan masih belum sesuai dengan informasi yang disampaikan pada Instagram Suroboyo Bus. Inovasi dengan memanfaatkan teknologi aplikasi GoBis menyertai Suroboyo Bus perlu disesuaikan dengan kebutuhan utama masyarakat di masa pandemi COVID-19. Penelitian evaluasi terhadap efektivitas keseluruhan respon yang sudah dioperasionalkan perlu untuk dilakukan, sehingga Suroboyo Bus dapat terus menyesuikan diri untuk mengembangkan ketahanan sistem transportasi umum.
Media Sosial sebagai Tempat Literasi Ibadah di Era Pandemi (Pendekatan Uses and Gratifications Theory pada Chanel Youtube TV MU) Vilya Dwi Agustini
Borobudur Communication Review Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4899

Abstract

Uses and Gratifications Theory biasa digunakan untuk meneliti media massa. Perkembangan sosial media yang cepat berbanding lurus dengan kemajuan teknologi komunikasi, di mana kemudahan mengakses sosial media menjadi lebih mudah. Pandemi berefek pada berbagai perubahan baik itu sosial, ekonomi dan dalam hal beribadah. Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi keagamaan tidak hanya sebagai amal usaha, tetapi memiliki tujuan utamanya sebagai edukasi beribadah sesuai tarjih, berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode survei dalam teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan responden mengenal dan mengakui kredibilitas TV MU dalam memberikan literasi ibadah di era pandemi. Tetapi hal ini, tidak membuat responden mengikuti semua kontennya, hanya konten tertentu yang mereka akses.
Model Komunikasi Top-Down dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Hikmawati Fajri Devi Safitri; Tjut Afrieda Syahara
Borobudur Communication Review Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4902

Abstract

Pemberdayaan dimaknai sebagai suatu proses pemberian daya dari pihak yang mempunyai daya kepada pihak yang tidak atau kurang berdaya. Pemberdayaan masyarakat tentunya menjadi upaya pemerintah yang harus diperhatikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan model komunikasi yang terjadi di Jambewangi Indah I, Magelang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data menggunakan data primer dan sekuder. Teknik pengumpulan data primer diperoleh dengan wawancara dan data sekunder melalui sumber buku, artikel , dan jurnal. Hasil dari pembahasan adalah model komunikasi yang terjadi adalah top-down sehingga masyarakat desa hanya menerima jadi kebijakan kelurahan, di mana pendapat atau kebutuhan warga Dusun Jambewangi Indah I kurang didengarkan atau diapresiasi.
Analisis Pengelolaan Kesan Mahasiswi Bercadar di Instagram Dimas Bagus Aditya Pamungkas; Vinisa Nurul Aisyah
Borobudur Communication Review Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.4982

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kesan mahasiswi bercadar di Instagram. Cadar merupakan salah satu cara berpakaian seseorang yang masih memiliki stigma dalam masyarakat sehingga penelitian ini menarik untuk dilakukan. Pengelolaan kesan dalam penelitian ini menggunakan Teori Dramaturgi yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data serta analisis induktif sebagai teknik analisis data. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai front stage menggambarkan kesan informan sebagai pribadi religius, organisatoris, dan suka berpergian. Sementara backstage informan ditemukan adanya penolakan dari lingkungan keluarga namun informan tidak pernah memperlihatkan respon pengalamanya mengenai penolakan tersebut.
Peran Fashion Blogger sebagai Gatekeeper dalam Membentuk Preferensi Pembaca terhadap Fashion Pria (Studi pada Fashion Blog Han Chandra) Doan Monang Yan Hero Sihombing
Borobudur Communication Review Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.5230

Abstract

Fashion blogger dengan memanfaatkan blog yang merupakan platform dari media baru dapat mempublikasikan beragam informasi mengenai mode dengan cepat tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini tentunya akan membuat khalayak dapat dengan mudah mengakses informasi seputar dunia fashion terbaru yang mereka inginkan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dan metode analisis studi kasus. Hasil wawancara dengan para informan, hasil observasi dan dokumen pendukung yang ditemukan di lapangan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan teori gatekeeping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Han Chandra selaku fashion blogger melakukan proses gatekeeping dalam menentukan artikel yang akan dipublikasikan di fashion blog pribadi miliknya. Kegiatan gatekeeping dilakukan oleh Han Chandra dengan menyaring berbagai informasi yang ia temukan. Misalnya saja seperti fashion trend, inspirasi dari lingkungan sekitar, produk fashion terbaru, maupun fashion brand yang menjalin kerjasama dengannya. Penelitian ini juga menemukan bahwa fashion blogger tidak hanya memberikan referensi fashion bagi pembacanya, tetapi juga mampu membentuk preferensi pembaca terhadap fashion pria.
Pengaruh Kegiatan Komunikasi Periklanan, Hubungan Masyarakat, Promosi Penjualan dan Promosi Online Terhadap Minat Migrasi Listrik Prabayar Annisa Febiastu Sasongko
Borobudur Communication Review Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.5387

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan metode baru dalam transaksi listrik yaitu produk instalasi listrik prabayar (listrik pintar) yang menjanjikan banyak kemudahan bagi para pelanggan dengan menggunakan listrik sesuai dengan nominal yang telah dibeli. Divisi humas menggunakan berbagai kombinasi kegiatan komunikasi pemasaran terpadu untuk membantu meningkatkan minat pelanggan listrik pascabayar melakukan migrasi listrik prabayar di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan responden sebanyak 400 responden di wilayah Semarang yang sebelumnya dipilih menggunakan metode pengambilan sampel area (cluster) sampel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keempat variabel dengan minat migrasi listrik prabayar. Variabel yang memiliki koefisien standardisasi terbesar adalah variabel komunikasi periklanan (advertising) dengan nilai 0.353 atau sebesar 35.3%. Implikasi yang ditimbulkan dalam penelitian ini yaitu dengan penggunaan konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu (integrated marketing communication), konsep AIDA (Attention, interest, Desire dan Action), teori komunikasi difusi inovasi, teori komunikasi organisasi hubungan sosial terbukti relevan dengan hasil penelitian ini.
Pengaruh Terpaan Program Acara Mata Najwa dan Kredibilitas Sumber Terhadap Minat Berpolitik Generasi Z Muhammad Fauzi; Nuryati Samatan
Borobudur Communication Review Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.5575

Abstract

Mata najwa adalah sebuah program televisi berupa talkshow yang menyajikan perbicangan dengan tokoh-tokoh politik ternama terkait dengan isu politik yang sedang hangat diperbicangakan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara program acara mata najwa dan kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik generasi z. Pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Hasil dalam penelitian ini yaitu pada uji t didapatkan variable terpaan progam acara mata najwa terhadap minat berpolitik memperoleh nilai t hitung > t table (2,976 > 1,661) dengan nilai signifikansi (0,004) < (0,05) artinya terdapat pengaruh parsial antara terpaan program acara mata najwa dengan minat berpolitik, kemudian uji t pada variable kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik diperoleh nilai t hitung > t table (6,218 > 1,661) dengan signifikansi (0,000 < 0,05) artinya terdapat pengaruh parsial antara kredibilitas sumber terhadap minat berpolitik. Pada uji F diperoleh nilai F hitung > F table (49,979 > 3,09) artinya terpaan program acara mata najwa dan kredibilitas sumber secara simultan mempengaruhi minat berpolitik. Dengan hasil penelitian diperoleh R square 0,515 artinya 51,5% minat berpolitik dipengaruhi terpaan program acara mata najwa dan kredibilitas sumber, sedangkan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh varibel lain di luar penelitian.
Pengaruh Intensitas dan Terpaan Media terhadap Tingkat Kecemasan Zahra Byas Wulan Ayu A; Nuriyati Samatan
Borobudur Communication Review Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31603/bcrev.5578

Abstract

Kehadiran teknologi komunikasi ini membuat komunikasi semakin mudah dijangkau ke pelosok negeri ataupun ke seluruh dunia. Seperti kasus Covid-19 yang ada di Indonesia, begitu deras arus informasi utnuk dapat sampai dapat ke komunikan tidak membutuhkan waktu berhari-hari melainkan hitungan menit. Penelitian ini menganalisa pengaruh intensitas dan terpaan media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi berganda. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa semua variabel saling mempengaruhi. Dengan diperoleh nilai R sebesar 0,431 atau 43,1% dan sisanya sebesar 56,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Page 1 of 3 | Total Record : 21