JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 27, No 1 (2021)

PEMBELAJARAN PEER TEACHING BERBASIS ZOOM MEETING EFEKTIF MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA BASKET DI MASA PANDEMI COVID-19

Syaifuddin Zuhri Purnomo (Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
Dwi Cahyo Kartiko (Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
Abdul Rachman Syam Tuasikal (Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Kondisi yang tidak dapat diperkirakan terdapatnya wabah penyakit Coronavirus Disease (Covid- 19) yang membuat pergantian dengan cara seketika pada bermacam zona. Keadaan itu pengaruhi perubahan-perubahan serta kebijaksanaan untuk diaplikasikan. Kebijaksanaan terkini yang mempengaruhi pembelajaran mengubah penataran yang sepatutnya tiba ke sekolah, dalam perihal ini sekolah menganjurkan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran peer teaching berbasis zoom meeting terhadap hasil belajar bola basket di masa pandemic COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data menggunakan presentase skor, jumlah, nilai, dan kategori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dribbling dan passing bola basket dengan menggunakan pembelajaran peer teaching nilai rata-rata pada posttest > pretest. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran peer teaching efektif diterapkan dalam belajar dribbling dan passing bola basket pada pandemi COVID-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...