JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 24, No 2 (2018)

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA FKIP UHN

Adi Suarman Situmorang (Unknown)
Sanggam P Gultom (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimental bersifat quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One- shot case study adalah sekolompok sampel dikenai perlakuan tertentu (variabel bebas) kemudian dilakukan pengukuran terhadap variabel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap pemahaman konsep mahasiswa FKIP UHN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain model pembelajaran yang telah dirancang telah baik untuk digunakan karena hasil obsevasi kemampuan dosen mengajar dan aktivitas aktif mahasiswa memiliki rata-rata 4.36 atau berada pada kategori sangat baik. Desain model pembelajaran CPS berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep tetapi pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa hanya 20,82% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...