Visualisasi pembelajaran kimia merupakan suatu pendekatan paedagogik yang menggunakan simulasi komputer untuk menjelaskan konsep yang abstrak, Studi ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kimia koordinasi melalui program moodle (Modular Oriented Object Dynamic Learning). Dari data yang dianalisis dengan SPSS for Window 11.5, ternyata model pembelajaran mengembangkan kemampuan generik pemodelan, abstraksi kimia dan konsistensi logis. Dari data nilai mahasiswa pengguna moodle, ternyata model ini mampu membantu mahasiswa dalam menginterpretasikan konsep-konsep yang abstrak, terutama untuk mahasiswa dengan kemampuan awal kimia yang rendah dengan t = 51,913, sig.(2-tailed) = 0,000. Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara indek prestasi kumulatif mahasiswa terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan r = 0,570. Disamping itu juga terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat intelegensi (IQ) dan kemampuan awal kimia terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan harga r masing-masing 0,3 dan 0,337. Dengan dikembangkannya pemodelan Kimia Koordinasi pada situs pendidikan kimia berbasis web melalui http://kimia.upi.edu/moodle/ mahasiswa lebih dapat mengembangkan materi yang sudah diterima di perkuliahan kelas maupun di laboratorium secara on-line. Pembelajaran online berbasis moodle ini berkontribusi tinggi dalam mewujudkan perkuliahan Kimia Anorganik terintegrasi dengan N-gain materi perkuliahan 0,459 dan N-gain praktikum multimedia 0,763. Model pembelajaran berbasis web ini dapat diterapkan untuk memanipulasi lingkungan pembelajaran mahasiswa, sehingga menyenangkan dan membangkitkan motivasi belajarnya.
Copyrights © 2017