JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 23, No 1 (2017)

PERAN MOODLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAN KONSEP DAN PRAKTIKUM KIMIA

Retno Dwi Suyanti (Unknown)
Muhamad A Martoprawiro (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2018

Abstract

Visualisasi pembelajaran kimia merupakan suatu pendekatan paedagogik yang menggunakan simulasi komputer untuk menjelaskan konsep yang abstrak, Studi  ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kimia koordinasi melalui program moodle (Modular Oriented Object Dynamic Learning). Dari data yang dianalisis dengan SPSS for Window 11.5, ternyata model pembelajaran mengembangkan kemampuan generik pemodelan, abstraksi kimia dan konsistensi logis. Dari data nilai mahasiswa pengguna moodle, ternyata model ini mampu membantu mahasiswa dalam menginterpretasikan konsep-konsep yang abstrak, terutama untuk mahasiswa dengan kemampuan awal kimia yang rendah dengan t = 51,913, sig.(2-tailed) = 0,000.  Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara indek prestasi kumulatif mahasiswa terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan r = 0,570. Disamping itu juga terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat intelegensi (IQ) dan kemampuan awal kimia terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan harga r masing-masing 0,3 dan 0,337.  Dengan dikembangkannya pemodelan Kimia Koordinasi pada situs  pendidikan kimia berbasis web melalui http://kimia.upi.edu/moodle/ mahasiswa lebih dapat mengembangkan materi yang sudah diterima di perkuliahan kelas maupun di laboratorium secara on-line.  Pembelajaran online berbasis moodle ini berkontribusi tinggi dalam mewujudkan perkuliahan Kimia Anorganik  terintegrasi dengan N-gain materi perkuliahan 0,459 dan N-gain praktikum multimedia 0,763. Model pembelajaran berbasis web ini dapat diterapkan untuk memanipulasi lingkungan pembelajaran mahasiswa, sehingga menyenangkan dan membangkitkan motivasi belajarnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...