Jurnal Ekonomi Utama (Juria)
Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi Utama (Juria)

Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Komunikasi Bisnis

Kurnia Fadila (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Lampung, Indonesia)
Muhammad Dwiyan Aditiya (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam menerapkan konsep berkomunikasi bisnis pada aktivitas perkuliahan masih rendah. Rendahnya pemahaman konsep peserta didik disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan dosen masih bersifat lecturer centered. Dosen hanya menyampaikan materi pembelajaran secara satu arah. Aktivitas belajar mahasiswa menjadi tidak bervariasi, hanya mendengarkan informasi dari dosen saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based-learning) pada pembelajaran mata kuliah komunikasi bisnis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2022. Data penelitian diambil dengan metode tindakan kelas dan survey. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Persepsi mahasiswa diukur melalui 7 aspek penilaian. Dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil bahwa persepsi mahasiswa pada aspek interaksi mahasiswa dan dosen berada pada kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 20.83 dengan persentase sebesar 83.32%, persepsi mahasiswa pada aspek mampu memotivasi minat belajar mahasiswa berada pada kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 16.53 dengan persentase sebesar 82.65%, persepsi mahasiswa pada aspek kemampuan memahami materi kuliah mencapai kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 20.83 dengan persentase sebesar 83.32%, persepsi mahasiswa pada aspek kompetensi berfikir kritis, efektif dan efisien mencapai kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 16.99 dengan persentase sebesar 84.95%, persepsi mahasiswa pada aspek kompetensi memanajemen waktu yang baik mencapai kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 12.18 dengan persentase sebesar 81.2%, persepsi mahasiswa pada aspek hasil belajar mahasiswa yang baik mencapai kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 8.15 dengan persentase sebesar 81.5%, dan persepsi mahasiswa pada aspek kesesuaian penerapan pembelajaran dengan karakteristik mutu mata kuliah mencapai kategori sangat baik dengan skor rerata (mean) 20.89 dengan persentase sebesar 83.56%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juria

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Specific research areas or areas covered by Juria: Jurnal Ekonomi Utama include, but are not limited to: challenges of economic globalization, economic digitization, e-commerce and fintech, rural and rural economic development, creative economy development, international trade and finance, public ...