AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BERBAGAI BENTUK PECAHAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI SEKOLAH DASAR

Nadila Fatin Fadillah (Unknown)
Nurafni Nurafni (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Pembelajaran dikelas hanya menggunakan media buku paket tanpa adanya media penunjang lainnya pada pelajaran matematika akibatnya peserta didik menilai matematika itu sukar. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva pada pokok bahasan pecahan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa Research and Development (R&D) dengan model 5 tahapan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Pakansari 02 dengan subjek penelitian kelas V dengan total 33 orang. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini yaitu lembar validasi ahli serta lembar respon peserta didik. Hasil uji ahli media diperoleh sebesar 4,53260 dari 5, ahli materi 4,49122 dari 5 serta respon peserta didik 4,49393 dari 5. Sehingga, disimpulkan pengembangan media pembelajaran dikatakan “Valid” dan “Praktis”. Media pembelajaran layak diimplementasikan pada saat dikelas maupun secara sendiri oleh peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...