Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1

BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN TANGRAM

Sosriyati Sosriyati (STKIP Melawi)
Yumi Sarassanti (Unknown)
Mutazam Mutazam (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2021

Abstract

Abstrak: dalam penggalian ini dasari oleh rentannya kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan luas bangun datar, sehingga pengendalian dilakukan menggunakan media tangram dalam proses pembelajaran. Mengenai arah dari penggalian ini adalah bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa ketika mengatasi persoalan luas bangun datar menggunakan tangram. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penggalian akan memberikan gambaran secara rinci dan mendalam mengenai tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ella Hilir dalam menyelesaikan masalah luas bangun datar mengunakan tangram. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa siswa menjawab soal no 1a dimana memiliki indikator kelancaran dan keterincian sehingga jumlah persentase siswa yaitu 32% untuk kategori tinggi, pada kategori sedang yaitu 20%, sedangkan untuk kategori rendah yaitu 48%. Sedangkan untuk soal 1b, menunjukan bahwa siswa menjawab soal no 1b dimana memiliki indikator kelancaran dan keterincian dipersentasekan sebagai berikut siswa yang memiliki kategori tinggi yaitu 8%, untuk kategori sedang yaitu 8%, sedangkan untuk kategori rendah yaitu 84%. Kata Kunci :Berpikir Kreatif, Bangun Datar, Tangram.                              Abstract:  This research is motivated by the low ability of creative thinking of junior high school students in completing the area of flat wake, so researchears conduct research using tangram media in the learning process. The purpose of this study is to axamine how the level of creative thinking ability of students in solving the problem of wide flat wake using tangram. The type of research used is descriptive qualitative. The results of this study will show a detailed and in-depth picture of the level of creative thinking ability of grade VII A students of SMP Negeri 1 Ella Hilir in resolving the problem of wide flat shape using tangram. Furthermore, the results showed that students answered questisons no la which have indicator of fluency and deteail so that the percentage  of students is 32% for the high category, in the medium category, in the medium category is 20%, while for the low category is 48%. Whereas for question no 1b, it was shown that students answered question no 1b which had indicators of fluency and detail being presented as follows students who had a high category of 8%, for the medium category which was 8%, whereas for the low category it was 84%. Keywords : Creative Thinking, Flat Wake, Tangram.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...