Strategi public relations merupakan bagian penting dari langkah yangdiambil perusahaan guna meningkatkan citra perusahaan. Pandangan positifmasyarakat terhadap perusahaan akan berakibat pada loyalitas dan kepuasanpelanggan. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan jasapengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini membuka banyakcabang di berbagai kota, salah satunya adalah Semarang. Sebagai perusahaan jasa,PT Tiki JNE berupaya untuk meingkatkan kepercayaan pelanggan terhadapperusahaan melalui strategi public relations. Penelitian ini bertujuan untuk melihatstrategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE untuk meningkatkancitra perusahaannya di mata pengguna jasa pengiriman. Penulis menggunakanmetode penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan melakukanwawancara, observasi, dan kuisioner, dilanjutkan dengan penarikan kesimpulandari data dan fakta yang didapatkan dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa PT Tiki JNE melakukan strategi pemasaran salah satunya memaksimalkanperan publikasi iklan untuk membentuk opini positif masyarakat terhadap jasa PTTiki JNE. PT Tiki JNE juga turut berupaya menjaga kualitas pelayananpengiriman logistik untuk mempertahankan citra perusahaan di mata pelanggan.Hasil dari pembagian kuisioner terhadap konsumen PT Tiki JNE menunjukkanbahwa strategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE berpangaruhpositif signifikan terhadap citra perusahaan tersebut. Kata Kunci: hubungan masyarakat, citra perusahaan, kepuasan pelanggan
Copyrights © 2020