cover
Contact Name
Rekno Sulandjari
Contact Email
rekno.sulandjari@gmail.com
Phone
+6282135231314
Journal Mail Official
rekno.sulandjari@gmail.com
Editorial Address
Jl. Banjarsari Barat 1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Egaliter
Published by Universitas Pandanaran
ISSN : 25807889     EISSN : 25976877     DOI : -
Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses komunikasi, baik dari kalangan pengajar maupun pengamat sosial, internal maupun eksternal Universitas Pandanaran. Artikel yang disajikan bertujuan untuk menginspirasi secara praktis, teoritis dan sosial para pelaku komunikasi sehingga lebih hergonomis dalam mengambil sebuah kebijakan.
Articles 78 Documents
KREATIVITAS MEDIA SEBAGAI KOMPONEN LITERASI DENGAN PENGGUNAAN ALGA LOW COST MATERIALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG (STUDI KASUS SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 WELERI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018) Cahyati Cahyati
Jurnal Egaliter Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Egaliter, Volume 2 No. 2 Maret 2018
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa besar peningkatan hasil belajar, bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah belajar bangun ruang dengan menggunakan alga low cost materials. Penelitian tindakan kelas didesain menjadi dua siklus. Subjek penelitian: siswa XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Weleri. Berdasarkan tindakan selama 2 siklus, terjadi peningkatan proses, hasil belajar rata-rata 53 pada kondisi awal menjadi 78,88 pada kondisi akhir, dan perubahan tingkah laku siswa dalam belajar bangun ruang menjadi lebih baik.
Hubungan Cara Komunikasi Dosen Dalam Proses Perkuliahan Terhadap Efisiensi Pemahaman Materi Kuliah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2016-2018 Di Universitas Pandanaran Semarang
Jurnal Egaliter Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pengaruh komunikasidosen terhadap mahasiswa jurusan politik angkatan 2016-2018 universitaspandanaran semarang dalam penelitian ini mahasiswa diharapkan dapatmenumbuhkan dan meningkatkan sikap komunikasi yang baik. Didalammenjawab masalah tersebut penulis menggunakan metode penelitian dekskriptifkuantitatif dengan jumlah polpulasi 55 mahasiswa . penulis melakukanpengumpulan data dengan cara menghimpun berbagai buku tentang komunikasi .yang berhubungan dengan pembahasan atau kepustakaan dan mengadakanpenelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deksriptif kuantitatifdan tehnik penganjuran sempel yang digunakan adalah total sampling,denganmenggunakan kusioner sebagai pengumpulan data penelitian dengan jumlahreposnden sebanyak 55 orang Hasil penelitian didapat, tingkat respon responden terhadap cara komunikasi(Variabel X) sebanyak 100% yaitu 55 orang dalam kategori tinggi,0% yaitu tidakada responden dalam kategori sedang,0% yaitu tidak ada responden dalamkategori rendah. tingkat respon responden terhadap kinerja karyawan sebanyak100% yaitu 55 orang responden dalam kategori tinggi, 0% yaitu tidak ada dalamkategori sedang dan 0% yaitu tidak ada dalam kategori rendah. Berdasarkan tabel tabulasi silang hasil perhitungan 2 variabel diperolehmayoritas sebanyak 100% responden menyatakan pengaruh cara komunikasidosen terhadap efisiensi pemahaman mahasiswa dalam kategori tinggi. Melaluipenelitian ini disaran kan kepada dosen dan mahasiswa jurusan ilmu politikuniversitas pandanaran semarang agar meningkatkan proses komunikasi Keywords : efesiensi pemahaman, komunikasi inter persona, komunikasi dosendengan mahasiswa
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KELAS X MIPA 2 SEMESTER 2 TAHUN 2019/2020 SMA NEGERI 1 ROWOSARI KABUPATEN KENDAL Nunuk Izzatul Fata
Jurnal Egaliter Vol 4, No 7 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.7 Oktober 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) meski secara sederhana sudah mulai sangatdiperlukan pada masa pandemi Covid-19 yang dimulai Maret 2020 lalu.Diharapkan selain teknologi ini merupakan tantangan guru dalam peningkatankreativitas mengajar sebagai inovator pembelajaran dalam pengelolaan prosespembelajaran mata pelajaran fisika dan juga peningkatan hasil belajar danaktivitas siswa kelas X MIPA 2 di SMA N 1 Rowosari Kabupaten Kendal, jugaorang tua dapat mengetahui perkembangan siswa dimanapun mereka berada dankapanpun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan danprestasi belajar fisika dengan pendekatan kooperatif tutor secara jarak jauh(Pembelajaran Jarak Jauh) meskipun di bulan Januari dan Pebruari sempatdilakukan secara tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA2 Semester 2 Tahun 2019/2020 SMAN 1 Rowosari yang berjumlah 32 pesertadidik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,angket dan ulangan harian. Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelashasil belajar siswa sebesar 63,5, dan jumlah siswa tuntas masih 78,12%.Siklus IIindikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85,52%, dan aktivitas siswa dalampembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaranmengalami peningkatan karena siswa merasa senang dan tertarik denganpembelajaran yang diterapkan guru. Lembar observasi guru menunjukkan gurusudah melakukan pembelajaran dengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materiyang disampaikan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapanpembelajaran sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasilrefleksi, guru sudah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan cukup baikdan semua indikator sudah tercapai pada siklus II. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkanbahwa keaktifan peserta didik meningkat dari 74% manjadi 84,5% . Hasil prestasibelajar meningkat dari rata-rata prestasi belajar 63,5 menjadi 68,8 dan pesertadidik yang tuntas atau mencapai KKM dari 78,12% menjadi 84,5%. Oleh karenaitu, guru fisika diharapkan menerapkan pendekatan kooperatif tutor denganmemaksimalkan komunikasi personal sehingga tujuan pembelajaran tercapaisecara optimal. Kata Kunci : Keaktifan, Prestasi belajar dan Pembelajaran Jarak Jauh
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH EKONOMI DAN CARA MENGATASINYA UNTUK MENCINTAI PRODUK DALAM NEGERI MELALUI MODEL BELAJAR BERSAMA PADA KELAS X IPA1 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI SMA N 1 ROWOSARI-KENDAL
Jurnal Egaliter Vol 6, No 10 (2022): Jurnal Egaliter Vol.6 No.10 Maret 2022
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran masalah ekonomi, terutama tentang kelangkaan (scarcity) karena mata pelajaran ekonomi dianggap mata pelajaran yang banyak konsep yang terkesan menjenuhkan, banyak hambatan yang ditemui dalam proses belajar, sehingga belajar menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.Pembelajaran masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) melalui model Belajar Bersama (Learning Together) yang berakhir dengan presentasi kelompok menganai  kelangkaan (scarcity) yang ada disekitar tempat tinggal peserta didik dan cara mengatasi dari kelangkaan (scarcity) tersebut.  Jika guru memperturutkan keinginan pembelajaran masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) dengan presentasi dari peserta didik yang bagus, maka sebelum pembelajaran materi masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) dimulai pada pertemuan sebelumnya guru sudah menugaskan ke peserta didik untuk mengamati peristiwa kelangkaan (scarcity) yang ada dilingkungan tempat tinggal peserta didik, Pembelajaran masalah ekonomi adalah pembelajaran yang setiap hari dihadapi oleh manusia terutama pada diri peserta didik, mengatasi apa yang tersedia dan apa yang tidak tersedia dari keinginan, sehingga pembelajaran ini adalah pembelajaran yang masalahnya kongkrit dari kehidupan sehari-hari.Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, saya menetapkan model Belajar Bersama(Learning Together)karena tujuan utama pembelajaran tidak untuk mempelajari sejumlah besar informasi baru, tetapi lebih kepada belajar bagaimana menyelidiki masalah-masalah penting, permasalahan dan pertanyaan yang diteliti tidak mempunyai jawaban mutlak “benar”, karena sebuah masalah yang rumit atau kompleks mempunyai banyak alternatif penyelesaian, selama tahap pembahasan, peserta didik akan didorong untuk menyatakan ide-idenya secara bebas dan terbuka.Tidak ada ide yang akan ditertawakan oleh guru atau teman sekelas. Semua peserta didik diberi peluang untuk menyumbangkan pemikiran untuk penyelesaian.Dalampembelajaran model Belajar Bersama (Learning Together), langkah-langkah guru adalah sebagai berikut: guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi kelangkaan (scarcity) diiringi dengan memotivasi peserta didik, menyajikan informasi kepada peserta didik tentang materi pelajaran, membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok, membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat peserta didik mengerjakan tugas, mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dan atau mempresentasikan hasil kerjanya, memberi penghargaan pada hasil belajar peserta didik, baik individu maupun kelompokKata Kunci:Masalah Ekonomi, Kelangkaan (scarcity), Belajar Bersama, Presentasi, Motivasi
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BAGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Muh Mastur
Jurnal Egaliter Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Egaliter, Volume 1 No. 1 Juli 2017
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan siswa mengikuti proses pembelajaran Sistem Pencernaan melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script bagi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Rowosari semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Adapun objek penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rowoari, Jalan Bahari Km. 5 Rowosari Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang siswa terdiri atas 20 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Banyaknya tindakan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan.Hasil penelitian dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menunjukkan bahwa kondisi awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa 73,48, siklus 1 = 78,49, nilai rata-rata pada siklus 2 = 81,87, maka dari kondisi awal dibandingkan siklus 2 meningkat 8,39. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Pencernaan.Berdasarkan simpulan penelitian ini perlu diuji coba pada mata pelajaran yang lain. Perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran Cooperative Script pada materi Biologi yang berbeda. Perlu dirancang pembelajaran menggunakan Cooperative Script dengan model pembelajaran yang berbeda.Keywordsi: Hasil Belajar, Cooperative Script, Sistem Pencernaan
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MINAT BERWIRAUSAHA PRODUK LOKAL (KERAJINAN BAMBU) DI KWD KELURAHAN PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA
Jurnal Egaliter Vol 2, No 03 (2018): Jurnal Egaliter Vol. 02 No.03 Oktober 2018
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki handphone lebih dari satu per orangnya. Handphone merupakan salah satu alat elektronik yang sedang berkembang penggunaanya di masyarakat saat ini, dan hampir semua penggunanya sangat merasa ketergantungan dengan benda kecil yang satu ini. Dalam penelitian ini handphone bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sarana strategi komunikasi pemasaran Sehingga simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup yaitu sebesar 0.485 antara media penyampaian pesan yaitu strategi komunikasi pemasaran (variabel X1) dan kreativitas desain furniture bambu (variabel X2) secara bersama-sama pada kegiatan kewirausahaa (variabel Y). Artinya, jika variabel X1, X2 meningkat, maka variabel Y juga ikut meningkat (korelasi positif). Dan besarnya tingkat efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan kewirausahaan dalam penelitian ini adalah 44,1%, sedangkan sisanya 55,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil dari hipotesis penelitian ini, didapatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran merupakan ia penyampaian pesan yang paling efektif bagi peserta kewirausahaan dibandingkan dengan media lainnya, yaitu kreativitas desain furniture bambu dengan thit sebesar 3.716.Kata Kunci : Bervirausaha, Komunikasi, Kreativitas, Pemasaran, Strategi
STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT TIKI JNE
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi public relations merupakan bagian penting dari langkah yangdiambil perusahaan guna meningkatkan citra perusahaan. Pandangan positifmasyarakat terhadap perusahaan akan berakibat pada loyalitas dan kepuasanpelanggan. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan jasapengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini membuka banyakcabang di berbagai kota, salah satunya adalah Semarang. Sebagai perusahaan jasa,PT Tiki JNE berupaya untuk meingkatkan kepercayaan pelanggan terhadapperusahaan melalui strategi public relations. Penelitian ini bertujuan untuk melihatstrategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE untuk meningkatkancitra perusahaannya di mata pengguna jasa pengiriman. Penulis menggunakanmetode penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan melakukanwawancara, observasi, dan kuisioner, dilanjutkan dengan penarikan kesimpulandari data dan fakta yang didapatkan dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa PT Tiki JNE melakukan strategi pemasaran salah satunya memaksimalkanperan publikasi iklan untuk membentuk opini positif masyarakat terhadap jasa PTTiki JNE. PT Tiki JNE juga turut berupaya menjaga kualitas pelayananpengiriman logistik untuk mempertahankan citra perusahaan di mata pelanggan.Hasil dari pembagian kuisioner terhadap konsumen PT Tiki JNE menunjukkanbahwa strategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE berpangaruhpositif signifikan terhadap citra perusahaan tersebut. Kata Kunci: hubungan masyarakat, citra perusahaan, kepuasan pelanggan
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 1 SMAN 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Jurnal Egaliter Vol 5, No 9 (2021): Jurnal Egaliter Vol.5 No.9 Oktober 2021
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.926 KB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Biologi pada KD sistem pencernaan, selain itu proses pembelajaran yang terjadikurang menarik dan tidak menyenangkan hal itu ditandai dengan rendahnyakedisiplinan , tanggung jawab serta kerja sama siswa, maka rumusan masalahadalah: 1) bagaimanakah proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?,2) seberapa banyak peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan?, 3) bagaimanakah perubahan prilaku siswa setelah belajar sistem pencernaanmenggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD)bagi siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran2018/2019? Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini meliputi: 1)mengetahui proses peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 2) mengetahuibanyaknya peningkatan prestasi belajar sistem pencernaan, 3) mngetahui perubahanperilaku siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari Semester 2 Tahun Pelajaran2018/2019 setelah belajar sistem pencernaan menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions(STAD) Metode penelitian yang digunakan adalah PTK terdiri dari dua siklus, tiapsiklus terdiri dari 2 pertemuan, tiap pertemuan @ 2 x 45 menit, dengan tahapanmeliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas XIIPA 1 SMAN Rowosari dengan jumlah 24siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Setelah dilaksanakan tindakan 2 siklus menggunakan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions(STAD) bagi siswa kelas XIIPA 1 SMANRowosari Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh hasil sebagai berikut:1) proses peningkatkan prestasi belajarsistem pencernaan menjadi menarik danmenyenangkan, 2) peningkatan prestasi belajar sistem penvernaanpada siklus 1yang tuntas 19 siswa (79,17%) meningkat menjadi 23 siswa (96,3%) pada siklus 2,3) perubahan perilakudisiplin dari siklus 1 ke siklus 2 jumlahnya meningkatsebanyak 5,00%, mau bekerja sama meningkat 5,83%, danjumlah siswa yangbertanggung jawab meningkat sebesar3,33%..Kata Kunci :Student Teams Achievement Divisions (STAD), Prestasi Belajar
KORELASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SDN NGIJO 2 GUNUNGPATI
Jurnal Egaliter Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Egaliter, Volume 1 No. 1 Juli 2017
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada lembaga pendidikan formal tingkat pendidikan dasar, seperti Sekolah Dasar biasanya difasilitasi oleh guru kelas dan sebagian guru mata pelajaran. Guru kelas ini sekaligus menjabat sebagai wali kelas. Wali kelas memiliki tugas pembimbingan dalam bidang akademik dan non-akademik yang sifatnya lebih personal dan bertujuan meningkatkan kelancaran kegiatan belajar mengajar dalam suatu kelas. Salah satu cara pembimbingan tersebut yaitu melalui kemampuan komunikasi interpersonal wali kelas untuk memotivasi siswa.Komunikasi interpersonal guru berperan meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri Ngijo 2 Gunungpati dapat bersikap terbuka, berempati, mendukung, dan berharap positif terhadap siswa sehingga dapat tercipta hubungan yang dekat, akrab dan nyaman dalam pebelajaran. Hubungan tersebut sangat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu kemampuan komunikasi interpersonal merupakan aspek yang strategis yang harus dimiliki guru pada umumnya dalam rangka meningkatkaan kualitas belajar.Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE PANDANSARI BREBES Sri Sutjiatmi; Sarwo Edy
Jurnal Egaliter Vol 2, No 03 (2018): Jurnal Egaliter Vol. 02 No.03 Oktober 2018
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan ekonomi wisata (ekowisata) merupakan salah satu alternatif pembangunan yang dapat membantu mengatasi masalah minimnya kesejahteraan masyarakat lokal. Pemanfaatan ekosistem mangrove untuk konsep wisata (ekowisata) sejalan dengan pergeseran minat wisatawan dari old tourism yaitu wisatawan yang hanya datang melakukan wisata saja tanpa ada unsur pendidikan dan konservasi menjadi new tourism yaitu wisatawan yang datang untuk melakukan wisata yang di dalamnya ada unsur pendidikan dan konservasi. Oleh karena itu, selain memaksimalkan komunikasi pemasaran yang efektif maka juga diperlukan upaya yang serius untuk mengelola, mengembangkan serta memasarkannya agar terciptanya kelestarian lingkungan hidup serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Strategi komunikasi pemasaran ysang diarahkan pada upaya menemus situasi persaingan dalam era pasar global, menurut Keegan, menuntut adanya pola keseragaman (uniformity) yang relatif berskala global atau universal dalam beberapa aspek di antaranya strategi posisi, penamaan merk, penetapan harga dan stategi periklanan (Hermawan, 2002:67)Kata kunci : ekowisata, strategi komunikasi pemasaran, analisis SWOT.