Jurnal Egaliter
Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019

Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Medan Dalam Memperkenalkan Tarian Ahooi Sebagai New Branding Kota Medan




Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasipemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam memperkenalkan TarianAhooi sebagai New Branding Kota Medan sekaligus mengetahui hambatan yangdihadapi oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan Tarian Ahooitersebut kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian k ualitatif dengan pendekatankonstruktivis. Penentuan subyek penelitian ditentukan dengan metode purposivesampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan carareduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian inidilaksanakan di Kantor Dinas Pariwisata Kota Medan yang beralamat di JalanProf. HM. Yamin SH No. 40 Kota Medan Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yangdilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan dalam memperkenalkan TarianAhooi sebagai New Branding Kota Medan dilakukan dengan menentukansegmentasi, penentuan target sasaran, dan penentuan citra. Ketiga strategi tersebutdidukung dengan berbagai bentuk bauran promosi seperti periklanan, penjualanpersonal, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut, dan pemasaranmelalui media sosial. Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan Kota Medansebagai kota wisata adalah pengelolaan ragam budaya yang belum maksimal,Masyarakat kota Medan yang masih belum sadar wisata, komunikasi dankoordinasi dengan stakeholder yang masih belum berjalan secara maksimal danmasih terbatasnya anggaran yang tersedia. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Brand, Tarian Ahooi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

egr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses ...