Jurnal Egaliter
Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020

PENGARUH PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERUSAHAAN RITEL ALFAMART DR WAHIDIN H398 SEMARANG




Article Info

Publish Date
08 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi komunikasi dalam ritel yang rendah dalamhal pelayanan dari karyawan kepada para pelanggan. Hal tersebut memengaruhiturunnya kepuasan pelanggan dan menyebabkan loyalitas pelanggan berada padatingkat yang sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuidan menganalisis seberapa signifikan pengaruh pelayanan pelanggan, dankepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan ritel“Alfamart”. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernahmelakukan pembelian di Alfamart. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dandihitung dengan rumus lemeshow. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling yaitu metodepengambilan sampel tanpa sengaja, dimana peneliti mengambil sampel yangkebetulan ditemuinya pada saat itu. Dari hasil penelitian yang dilakukan saat inipelayanan yang diberikan Alfamart , ditunjukkan dengan nilai sebanyak 75responden (75%) menyatakan tinggi. Dan sisanya sebanyak 25 responden (25%)enyatakan sangat tinggi. Hasil penelitian mengenai penilaian kepuasan pelanggansebanyak 57 responden (57%) menyatakan tinggi. Sebanyak 23 responden (23%)menyatakan sangat tinggi. Dan sisanya sebanyak 20 respnden (20%) menyatakanrendah. Dan hasil penelitian mengenai penilaian loyalitas pelanggan sebanyak 55responden (55%) menyatakan tinggi. Sebanyak 31 responden (31%) menyatakansangat tinggi. Dan sisanya sebanyak 14 responden (14%) menyatakan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Alfamart, hasilpengamatan yang dilakukan pelayanan yang diberikan karyawan Alfamart sesuaidengan kepuasan responden yang diterima, sehingga terjadi kenaikan pencapaianpada target yang sudah ditentukan oleh manajemen yang juga berarti kenaikanloyalitas dari para responden itu sendiri.Kata kunci : Pemasaran, Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

egr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses ...