Jurnal Egaliter
Vol 3, No 5 (2019): Jurnal Egaliter Vol.3 No.5 Januari 2019

fektivitas Peran Public Relations Petugas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Santi Febrianti (Unknown)
Rekno Sulandjari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Public Relations merupakan suatu usaha yang direncanakan dengan secara terus-menerus yang dengan sengaja, dengan berguna untuk membangun serta jugamemepertahankan pengertian timbal balik antara organisasi serta jugamasyarakatnya. Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan pendudukuntuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publikyang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945, membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yangdilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harusdilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara danpenduduk tentang peningkatan pelayanan publik. Ukuran keberhasilan pelayananditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan pelayanandicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yangdibutuhkan dan diharapkanā€ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Peran PublicRelations Petugas Pelayanan di Kantor Desa Leyangan dengan KepuasanMasyarakat Desa Leyangan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitiandeskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelayanan di Kantor Desa 3bulan sebelum dilakukan penelitian yaitu 157 dan disesuaikan menjadi 61responden. Dari tabel Tabulasi Silang dapat disimpulkan bahwa jika Peran PublicRelations Petugas Pelayanan dilaksanakan secara baik dan maksimal (tinggi)maka tingkat kepuasan masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timurmemiliki kategori tinggi, sejumlah 95% dari keseluruhan responden. Sehinggadapat disimpulkan jika terdapat hubungan positif antara Peran Public Relationspada para petugas Pelayanan Kantor Desa Leyangan pada tingkat kepuasanmasyarakat Desa Leyangan dalam menerima pelayanan.Kata Kunci: Public Relations, Pelayanan Publik, Kepuasan Pelayanan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

egr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses ...