anak dalam perkembangannya ditentukan oleh perkembangan psikologis yang termasukperasaan kasih sayang serta hubungan anak dengan orang tua atau orang disekelilingnya, jikakebutuhan kasih sayang terpenuhi dengan baik maka perkembangan psikososialnya akan meningkatdengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh yang diterapkan orangtua, mengetahui gambaran kecerdasan emosional anak dan mengetahui hubungan antara pola asuhorang tua dengan kecerdasan emosi anak usia prasekolah. Metode penelitian deskriptif korelatifdengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak prasekolahdan menempuh pendidikan di RA Al Muttaqin. Jumlah populasi 120, Sampel didapat menggunakanteknik simple random sampling dengan jumlah 92 responden. Analisis yang digunakan univariat danbivariat menggunakan rumus chi-square dengan nilai α = 5%. Hasil penelitian dengan uji chi-squaredidapatkan hasil sebesar 6,359 dengan nilai 2tabel = 3,841artinya 2hitung > 2tabel yang berarti tolak Ho danTerima H1. Kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengankecerdasan emosional anak prasekolah (3-6 tahun). Saran Setelah diketahui adanya hubungan antarapola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak prasekolah diharapkan orangtua dapatmenerapkan pola asuh yang sesuai kepada anak dan guru disarankan membantu untuk mengenalkanpendidikan karakter agar dapat membantu meningkatkan kecerdasan emosional anak sejak dini
Copyrights © 2017