Relevance: Journal of Management and Business
Vol. 1 No. 2 (2018): Relevance: Journal of Business and Management

Signifikansi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah

Agus Marimin (Ekonomi Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan nasabah di Bank Muamalat Surakarta. Faktor dimensi kualitas pelayanan tersebut manakah yang paling dominan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Muamalat Surakarta dengan sampel penelitian sebanyak 80 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Pengujian terhadap hasil kuesioner tersebut menggunakan analisis validitas dan analisis reliabilitas. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, serta uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Surakarta. Dimensi reliability merupakan dimensi yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

relevance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

RELEVANCE aims to publish articles in the field of Islamic Management and Business, including but not limited to research results, scientific studies, and field ...