Jurnal Tadris IPA Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2022)

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Mind Mapping

Addiliya Vida Dewi Zahro (IAIN Ponorogo)
Sofwan Hadi (IAIN Ponorogo)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) membuat dunia pendidikan harus mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan yang berkembang di sekitarnya. Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan yaitu kemampuan berpikir rasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir rasional peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jenangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dan jenispenelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian. Data hasil penelitian di analisis menggunakan deskriptif kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan statistik inferensial setelah dilakukan uji pra syarat. Berdasarkan hasil olah data yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir rasional di kelas eksperimen dan kontrol. Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan model direct instruction. Sehingga model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir rasional. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mengajak peserta didik untuk aktif dalam mengembangkan ide yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtii

Publisher

Subject

Chemistry Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Tadris IPA Indonesia diterbitkan oleh Tadris IPA, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo sebagai media untuk meningkatkan kreativitas guru (khususnya guru IPA), dosen, akademisi, dan praktisi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian ...