Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala
Vol. 2 No. 1 (2022): Terbitan Kelima

PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA MAINAN EDUKASI EMPAT SERANGKAI

Laksmi Diana (Unknown)
Silvani Putri (Unknown)
Dinda Amaria Purba (Unknown)
Novi Khusni Purwa Daini (Unknown)
Fikhri Ahmad Arbi (Unknown)
Bagus Prasetyo Suwandi (Unknown)
Rizza Iqbal Zaen (Unknown)
Elang Duta Wiesnatama (Unknown)
Tito Widiandaru (Unknown)
Ni Putu Devina Putri Maharani (Unknown)
Rifki Agung Rachmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Kelompok 18 melalui program KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur yang berfokus pada Ekonomi Kreatif dan Kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra yaitu Mainan Edukasi Empat Serangkai dalam membangun strategi branding melalui penggunaan media digital pada proses pemasaran produknya. Branding merupakan bagian dari pemasaran produk yang berpengaruh dalam meningkatkan penjualan. Manfaat branding di antaranya adalah dapat memperkenalkan produk pada masyarakat, memberikan identitas pada produk atau jasa yang ditawarkan, dan menyampaikan nilai produk itu sendiri. Fokus utama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengejar profit membuat pelaku UMKM tersebut melupakan pentingnya pemanfaatan media digital dan isu branding. Hal ini disebabkan karena ketidaktahuan dan minimnya informasi akan ide baru terkait pengembangan bisnis pelaku usaha tersebut. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh UMKM Mainan Edukasi Empat Serangkai adalah menurunnya pendapatan dan meningkatnya persaingan usaha di masa pandemi COVID-19 khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital. Terdapat banyak sekali teknologi digital yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran, yaitu dapat melalui media sosial dan berbagai platform marketplace yang telah tersedia. Informasi dan solusi yang ditawarkan mengenai prospek-prospek pemasaran dan isu branding melalui pendampingan yang dilakukan oleh kelompok 18 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur dengan cara memberikan penyuluhan dan pelatihan secara langsung kepada mitra ini memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan usaha tersebut. Selain meningkatkan penjualan, kemampuan mitra dalam memanfaatkan insight dari media pemasaran digital juga sangat mempengaruhi konsumen dalam mengingat brand tersebut, sehingga diharapkan dengan tercapainya kesadaran merek (brand awareness) nantinya dapat mendatangkan feedback yang besar bagi usaha tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pentingnya kombinasi dari strategi digital marketing dan branding dalam meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) sangat berdampak terhadap perkembangan bisnis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

patikala

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Abdimas Patikala adalah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia) yang menerbitkan artikel pengabdian dalam berbagai disiplin ilmu diantaranya teknologi terapan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan, sosial humaniora, dan ...