Perspektif
Vol 1 No 6 (2022)

MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DARI RUMAH DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Suci Paresti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Agus Suradika (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Abstrak Adanya wabah Covid-19 membuat pelaksanaan pembelajaran di semua satuan pendidikan secara nasional ditutup dan beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ). PJJ telah berjalan satu setengah tahun lebih namun masih terkendala oleh fasilitas teknologi dan kestabilan jaringan internet. Hal ini berdampak pada motivasi belajar peserta didik selama belajar dari rumah (BDR) dengan menggunakan PJJ secara daring. Kejenuhan BDR akan dapat berdampak pada psikologis peserta didik dan mempengaruhi keberhasilan masa depannya. Upaya untuk mengatasi itu semua yaitu dengan menggunakan metode penulisan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Berbagai sumber data dikumpulkan, kemudian dilakukan penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan pustaka tersebut. Monotonnya pendidik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang berdampak kejenuhan belajar dari oleh peserta didik menjadi landasan pemikiran untuk mencari solusi dalam mengatasinya. Kendala pandemi covid-19 bukan saja Kemendikbud yang berupaya mengatasinya, tetapi pendidik sebagai agen perubahan hendaknya turut turun tangan. Model pembelajaran kontekstual sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan pendidik membuat perencanaan pembelajaran dan penerapan model pembelajaran kontekstual, berdasarkan berbagai hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan signifikan terhadap motivasi dan keberhasilan belajar peserta didik. Kreativitas pendidik dalam mendesain perencanaan pembelajaran, bahan ajar, media ajar dan lembar kerja sesuai konteks pribadi, sosial dan kultural mampu memberi makna pada setiap kegiatan belajar. Abstract The Covid-19 outbreak has closed the implementation of learning in all education units nationally and switched to distance learning (PJJ). PJJ has been running for more than a year and a half but is still hampered by technological facilities and the stability of the internet network. This has an impact on students' learning motivation while studying from home (BDR) using online PJJ. BDR saturation will have an impact on the psychology of students and affect their future success. Efforts to overcome it all by using the method of writing a qualitative descriptive approach to the type of library research. Various sources of data were collected, then a critical and in-depth study of the library materials was carried out. The monotony of educators in carrying out distance learning which has an impact on learning saturation by students becomes the basis for thinking to find solutions to overcome them. The Covid-19 pandemic obstacle is not only the Ministry of Education and Culture trying to overcome it, but educators as agents of change should also intervene. Contextual learning model as an alternative to overcome this problem. With educators making lesson plans and applying contextual learning models, based on various research results it was found that there was a significant increase in students' motivation and learning success. The creativity of educators in designing lesson plans, teaching materials, teaching media and worksheets according to personal, social and cultural contexts is able to give meaning to every learning activity.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Perspektif adalah jurnal ilmiah nasional multidisiplin dengan akses terbuka. Tujuan kami adalah menyebarluaskan artikel terkini dan orisinil dari para peneliti, pemerhati, peneliti, widyaiswara, praktisi, pengambil keputusan, dosen dan mahasiswa tentang masalah dalam bidang ilmu pendidikan, ...