Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Penelitian dengan metode literature review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terdahulu yang relevan mengenai penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Dikaji dan diseleksi beberapa artikel yang diperoleh dari pencarian melalui aplikasi Publish or Perish 8, Google Scholar, Mendeley, dan Scopus. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 25 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional yang terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia terkategori sinta 1, 2 dan 3 serta Jurnal yang terindeks Scopus dengan rentang waktu 10 tahun yaitu 2013 sampai 2022. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media pembelajaran seperti media geogebra, modul, google classroom, multimedia, mobile Learning, geometer’s scatch pad, powerpoint, LKS, microsoft frontpage, edmodo, software coral painter, timbangan, kartu true or false dan komik matematika telah terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika dalam hal motivasi dan hasil pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar dan tanggapan positif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran.
Copyrights © 2022