Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika

Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika

Ika Ayu Puspitasari (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Azainil Azainil (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)
Abd. Basir (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Penelitian dengan metode literature review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terdahulu yang relevan mengenai penggunaan media pembelajaran dalam model pembelajaran problem based learning. Dikaji dan diseleksi beberapa artikel yang diperoleh dari pencarian melalui aplikasi Publish or Perish 8, Google Scholar, Mendeley, dan Scopus. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 25 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional yang terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia terkategori sinta 1, 2 dan 3 serta Jurnal yang terindeks Scopus dengan rentang waktu 10 tahun yaitu 2013 sampai 2022. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media pembelajaran seperti media geogebra, modul, google classroom, multimedia, mobile Learning, geometer’s scatch pad, powerpoint, LKS, microsoft frontpage, edmodo, software coral painter, timbangan, kartu true or false dan komik matematika telah terbukti dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, serta memberikan dampak positif dalam pembelajaran matematika dalam hal motivasi dan hasil pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar dan tanggapan positif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...