cover
Contact Name
Nanda Arista Rizki
Contact Email
primatika@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285246890338
Journal Mail Official
psnp@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jalan Muara Pahu Kampus Gunung Kelua Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 28303059     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himaptika) Universitas Mulawarman. Semua artikel dalam prosiding ini telah dipresentasikan oleh pemakalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman yang diselengarakan oleh Himaptika melalui kegiatan Asah Terampil Matematika (Astramatika) dan telah melalui proses review dan editing.
Articles 53 Documents
Perkembangan Literasi Matematika di Indonesia Husnul Khotimah
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.269 KB)

Abstract

Terdapat berbagai macam teori yang menjelaskan cara mengukur kemampuan matematika siswa. Literasi matematika merupakan salah satu yang sedang ramai diperbincangkan. Literasi matematika merupakan kapasitas individu untuk memformulasikan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Berikut akan dibahas mengenai perkembangan literasi matematika khususnya di Indonesia. Perkembangan dalam hal ini yaitu penggunaannya dalam bidang pendidikan serta penelitian. Berdasarkan definisi, literasi matematika dalam dunia pendidikan telah digunakan dalam kurikulum 2013. Tetapi berdasarkan hasil evaluasi, kemampuan tersebut masih rendah maka terdapat langkah baru dalam ujian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Adapun dalam bidang penelitian, literasi matematika mulai banyak diteliti sejak tahun 2015 dan meningkat signifikan pada taun 2018. Metode penlitian yang digunakan sangat beragam. Pada awal kemunculan literasi matematika, banyak peneliti yang tertarik dengan analisis kemampua serta studi literatur. Setelah itu bermunculan penelitian yang mengaitkannya dengan kemampuan-kemampuan matematis. Selanjutnya, literasi matematikapun digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan bahan ajar, kuasi eksperimen serta ex post facto.
Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar Rita Nurfa; Andi Quraisy
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.846 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 96 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar tahun ajaran 2020/2021 yang menggunakan teknik pengambilan sampel adalah keseluruhan popolasi atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket self-regulated learning dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Takalar dengan besar pengaruh yaitu 79,6%.
Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika Nur Mahsarah Rahadatul Aisy; Stevanus Budi Waluya; Zaenuri Mastur
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.878 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika berbantuan aplikasi android bernuansa etnomatematika. Metode penelitiannya yaitu literature review berdasarkan kajian penelitian-penelitian terdahulu yang relevan mengenai kemampuan pemecahan masalah, aplikasi android, dan etnomatematika. Dikaji dan diseleksi beberapa artikel yang diperoleh dari pencarian Google Scholar, Scopus, dan aplikasi Publish or Perish 7. Adapun banyak artikel yang dikaji yaitu 23 artikel yang bersumber dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa aplikasi android bernuansa etnomatematika dapat meningkatkan dan melatih siswa dalam memecahkan masalah matematika, dikarenakan dapat efektif, efisien, mudah, dan bermakna dalam pembelajaran matematika.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong Pika Widuri
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.201 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatkan hasil belajar bangun ruang menggunakan media konkret pada siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong yang berjumlah 176 siswa terdiri dari 77 siswa perempuan dan 99 siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang sederhana. Instrumen yang digunakan adalah tes yang telah divalidasi oleh ahli, observasi sesuai dengan standar isi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IX menggunakan media konkret berupa alat peraga bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan.. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan siswa sudah mencapai KKM, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IX MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong Tahun Ajaran 2020/2021.
Pengaruh Keaktifan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Indah Mentari Sihaloho; Asyril Asyril; Azainil Azainil
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.728 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa (X1) dan minat belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda berjumlah 247 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh 5 kelas dengan jumlah sampel 160 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa dan minat belajar. Sedangkan tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh skor rata-rata variabel keaktifan siswa sebesar 59,350; skor rata-rata minat belajar sebesar 54,440; dan skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 62,890, yang dalam hal ini termasuk kategori sedang. Sedangkam dari hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa keaktifan siswa belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan signifikan sebesar 0,004. Adapun sebesar 23% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan keaktifan siswa dan minat belajar dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Secara Daring di SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 Deviona Carolensa; Ariantje Dimpudus; Kukuh Kukuh
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 1 (2021): Literasi Matematika Dalam Menyongsong Era Society 5.0
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.065 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring siswa SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Kesehatan sebanyak 234 siswa. Objek penelitian ini persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, ialah analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis dari bab 4 disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 masuk dalam kategori Cukup baik 31,62%. Sehingga dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring di SMK Kesehatan Samarinda termasuk kategori Cukup baik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa siswa berpendapat selama pembelajaran matematika secara daring guru tetap menjelaskan dan memberikan contoh penyelesaian dari materi barisan aritmatika dan statistika seperti pada saat pembelajaran tatap muka disekolah dan pada saat mengajar guru menunjukkan penguasaan materi barisan aritmatika dan stastistika sehingga siswa dapat memahami apa yang guru jelaskan, tetapi walaupun siswa paham terkadang pada saat guru memberikan tugas siswa tidak dapat menyelesaikan tugas matematika tersebut, beberapa siswa juga berpendapat bahwa tidak terlalu mengalami gangguan jaringan internet didaerah tempat tinggal siswa sehingga dapat hadir tepat waktu dan dapat mengikuti pembelajaran matematika secara daring dan siswa merasa senang mengikuti pembelajaran matematika secara daring tanpa merasa tertekan dengan tugas-tugas matematika yang guru berikan pada saat kegiatan pembelajaran berakhir.
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai Fahmita Sari; Nuraziza Rahmah; A. Rezky Pratiwi; Nurjannah Nurjannah
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (825.864 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendeskripsikan unsur-unsur mengenai etnomatematika dan mengeksplorasi konsep matematika yang ada pada Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Penelitian ini berlokasi di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi secara langsung dan kajian pustaka. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada hutan mangrove. Sedangkan kajian pustaka digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai budaya yang ada pada hutan mangrove Tongle-Tongke. Berdasarkan hasil pengumpulan data, diperoleh bahwa beberapa susunan kayu yang terdapat di kawasan tersebut ditemukan unsur-unsur matematika yaitu (1) Konsep garis sejajar, tidak sejajar, diagonal dan tegak lurus ; (2) Konsep bangun datar segitiga, persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, lingkaran, segi enam; dan (3) Konsep bangun ruang limas segi empat, limas segi enam, prisma segitiga, balok dankubus. Tempat wisata tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya tingkat dasar dan menengah. Dengan demikian, pembelajaran matematika akan lebih bermakna dan menyenangkan.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Lingkungan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021 Jannah Ariati; Asyril Asyril; Jefferson Roosevelt Watulingas
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.279 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruhkecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini kecerdasan emosional (X1) dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 (X2) berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 12 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 207 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 163 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa skor rata-rata dari kecerdasan emosional sebesar 70,092; lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 sebesar 71,039; dan hasil belajar matematika sebesar 54,536 yang ketiganya masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis inferensial yang menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan. Kontribusi kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar matematika sebesar 36,2%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 12 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 Ungan Rika Hastini; Suriaty Suriaty; Asyril Asyril
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.251 KB)

Abstract

Jenis Penelitian Ini adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 92 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 6 soal uraian dan wawancara. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan individu, menentukan persentase jumlah siswa berdasarkan tiap kategori kemampuan, menentukan rata-rata kemampuan siswa secara keseluruhan, dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VIII Memiliki Nilai Tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 4. Berdasarkan kategori kemampuan, diperoleh 1 siswa dengan persentase 1,08% pada kategori sangat baik, 12 siswa dengan persentase 13,04% pada kategori baik, 27 siswa dengan persentase 29,34% pada kategori cukup, 33 siswa dengan persentase 35,87% pada kategori kurang, dan 19 siswa dengan persentase 20,65% pada kategori sangat kurang. Berdasarkan butir soal kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar untuk soal nomor 2 tergolong sangat baik, untuk soal nomor 1 dan 4 tergolong cukup, untuk soal nomor 3 dan 5 tergolong kurang, dan untuk soal nomor 6 tergolong sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh rata-rata kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda secara keseluruhan tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 39,92%.
Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending Savitri Yulia; Rochmad Rochmad
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman Vol 2 (2022): Kurikulum Merdeka Sebagai Solusi Mengatasi Learning Loss Dalam Pembelajaran Matematika
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.269 KB)

Abstract

Koneksi matematika adalah hubungan antara topik matematika, hubungan antara matematika dan mata pelajaran lain, dan relevansi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan: (1) Keefektifan model pembelajaran CORE dalam meningkatkan keterampilan koneksi matematika siswa. (2) Menjelaskan keterampilan koneksi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CORE dalam kaitannya dengan gaya belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al Asror Semarang. Desain studi kuantitatif menggunakan One-Shot Case Study Design, dengan dua perlakuan. Disisi lain penelitian kualitatif, menggunakan purposive sampling untuk memilih dua siswa di setiap kategori gaya belajar V-A-K untuk mencakup subjek. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran CORE efektif dalam meningkatkan keterampilan koneksi matematika siswa. (2) Kemampuan siswa dalam menghubungkan gaya belajar visual secara matematis berada pada kategori tertinggi. (3) Kemampuan siswa dalam membuat hubungan matematis dengan gaya belajar auditori berada pada kategori sedang. (4) Konektivitas matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori paling rendah.