Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

APLIKASI QUIZ DENGAN KONSEP GAMIFICATION BERBASIS WEB MENGGUNAKAN RUBY ON RAILS & REACT.JS

Fajar Juliansyah (Unknown)
Suharjanto Utomo (Universitas Nurtanio Bandung)
Ariawan Rachmanto (Universitas Nurtanio Bandung)
Samsul Budiarto (Universitas Nurtanio Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Perkembangan technology ICT telah berdampak terhadap perkembangan industri games, yang membuat para pendidik semakin kreatif dalam mendesain proses pembelajarannya. Beberapa perancang games telah mempelajari lebih dalam tentang ilmu psikologi atau ilmu lain yang mempelajari motivasi dan perilaku manusia. Gamification adalah pendekatan pembelajaran menggunakan elemen-elemen di dalam game atau video game dengan tujuan memotivasi para mahasiswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan enjoy dan engagement terhadap proses pembelajaran tersebut, selain itu, media ini dapat digunakan untuk menangkap hal-hal yang menarik minat mahasiswa dan menginspirasinya untuk terus melakukan pembelajaran. Foursquare, SimCity dan Kahoot, mewakili gamified sistem yang menggabungkan pengguna dengan geo-location.[1] Karena syarat gamifikasi, harus mengandung fitur Point, Badges, Levels, Leaderboards, Challenges, Rewards, OnBoarding, dan Engagement loops. Dalam proses pembelajaran menggunakan gamifikasi, memberikan alternative untuk membuat proses belajar lebih menarik, menyenangkan dan efektif. Walaupun menggunakan mekanika permainan, menerapkan gamifikasi tidak selalu harus membuat sebuah games, tetapi bagaimana membuat pembelajaran lebih menyenangkan, membangun engagement dengan tanpa disadari oleh para pembelajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalfiki

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tujuan untuk mempublikasikan penelitian dari para peneliti dalam bidang ilmu komputer, informatika, teknologi informasi, dan sistem ...