cover
Contact Name
Suharjanto Utomo
Contact Email
suharjanto@unnur.ac.id
Phone
+6281322956015
Journal Mail Official
jurnal_fiki@unnur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Nurtanio Bandung Jalan Pajajaran no 219 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 20872372     EISSN : 26567458     DOI : 10.56244
Core Subject : Science,
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tujuan untuk mempublikasikan penelitian dari para peneliti dalam bidang ilmu komputer, informatika, teknologi informasi, dan sistem informasi.
Articles 55 Documents
COMPANY PROFILE KOMBINASI ESS (EMPLOYEE SELF SERVICE) DAN CSS (CUSTOMER SELF SERVICE) PT. DEWASUTRATEX BERBASIS WEB MENGGUNAKAN RUBY ON RAILS DENGAN METODE WATERFALL Esa Aulia Ardiansah
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.738 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.235

Abstract

Di Era modern, arus informasi sangat cepat menyebar di seluruh penjuru dunia. Informasi menyebar melalui berbagai media dan dalam bentuk yang berbeda. Di era sebelumnya, banyak perusahaan yang menggunakan printing profil perusahaan seperti brosur, pamflet, dan surat kabar. Namun kelemahan semua itu memerlukan banyak biaya dan waktu dari produksi hingga distribusi seperti brosur kepada konsumen. Solusinya adalah dengan membuat profil perusahaan berbasis web. Profil perusahaan merupakan aset suatu institusi atau perusahaan yang dapat digunakan untuk menjalin hubungan dengan perusahaan, institusi dan instansi terkait lainnya. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall. Bahasa pemrogramannya menggunakan Ruby on Rails. Perancangan company profile PT. Dewasutratex dilakukan secara sistematik dan terstruktur, berurutan dari awal sampai dengan akhir. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data yang bersumber dari observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak pemilik perusahaan. Dan diharapkan untuk company profile berbasis Web dapat dibuat lebih inovatif dan memfasilitasi jangkauan pasar internasional. Kata kunci: Company Profile, Waterfall, Ruby On Rails
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA PROFILE MATCHING STUDI KASUS : UNIVERSITAS NURTANIO Dienh Hernawati; Shefiana Husnayain
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.302 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.236

Abstract

Universitas Nurtanio adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Bandung Jawa Barat yang sedang berupaya untuk meningkatkan mutu internal secara berkelanjutan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang lainya. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai yang ada di Universitas Nurtanio. Saat ini bagian HRD (Human Resource Departmen) di Universitas Nurtanio sulit untuk menilai mana saja pegawai yang memiliki kinerja atau prestasi yang baik dan yang kurang baik. Penilaian yang dilakukan di Universitas Nurtanio masih bersifat subjektif. Maka dari itu dibutuhkan sistem penilaian yang akurat, jujur dan objektif serta ada tindak lanjutnya supaya bisa memotivasi pegawai untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dalam melakukan proses penilaian kinerja pegawai, banyak kriteria yang telah ditentukan oleh instansi. Untuk memenuhi kebutuhan penilaian kinerja pegawai, penulis merancang sistem pendukung keputusan penilaian kinerja menggunakan metode algoritma profile matching dan metode penilaian diri. Dengan adanya sistem ini penilaian kinerja pegawai akan lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Penilaian Kinerja Pegawai, Profile Matching
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROMOSI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG MENGGUNAKAN UNITY 3D Ariawan Djoko Rachmanto
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.076 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.237

Abstract

Teknologi komputer dan multimedia berkembang sangat cepat, salah satunya teknologi Augmented Reality yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia visual. Meskipun perkembangannya mulai menjamah ke berbagai aspek bidang namun perkembangan dibidang promosi jasa atau barang masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan upaya untuk menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari penelitian ini berupa media pengenalan promosi Universitas Nurtanio Bandung khususnya Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika, yang dibangun dengan processing dari pustaka Unity 3D. Sistem dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows XP, Windows 7 32bit dan Windows 7 64bit yang telah terinstal Java sebelumnya. Media promosi ini diharapkan dapat meningkatkan minat calon mahasiswa dan menjadi sesuatu yang baru dalam bidang promosi dan diharapkan aplikasi dibidang promosi berbasis Augmented Reality ini lebih dikembangkan lagi. Kata Kunci: Augmented Reality, Media Promosi, 3D Modelling
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI LAMPU RUANGAN BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS NURTANIO) Iswanto Iswanto; Gandi Gandi
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.179 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.238

Abstract

Semakin pesatnya kemajuan teknologi smartphone saat ini terutama smartphone android, sebagai alat komunikasi dan telepon cerdas telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik. Remote control secara tidak langsung dapat mengurangi tugas user dalam menangani sebuah kontrol peralatan elektronik. Dalam penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk membangun aplikasi sistem kendali yang dapat mengendalikan lampu ruangan di Universitas Nurtanio berbasis Internet of Things (IOT) menggunakan smartphone android. Dengan dibangunnya aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan user di Universitas Nurtanio untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh. User hanya diminta untuk menekan tombol yang ada pada aplikasi android yang dibangun untuk melakukan perintah menyalakan dan mematikan lampu dengan memanfaatkan koneksi internet. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat bekerja dengan baik untuk menyalakan dan mematikan lampu. Namun memiliki waktu delay yang cukup lama sekitar (60 detik) untuk setiap perintah yang dikirimkan oleh user melalui smartphone android yang dikirimkan ke server cloud Thingspeak. Kata Kunci : Remote Control, Smartphone, Android, Internet of Things (IOT), Server, Cloud.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH PADA PERUMAHAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : KEC. NGAMPRAH KAB. BANDUNG BARAT) Suharjanto Utomo; Tiyo Mardiono
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.418 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.239

Abstract

Pengambilan keputusan selalu berkaitan dengan ketidakpastian dari hasil keputusan yang diambil. Sistem pendukung keputusan dikembangkan untuk mengurangi faktor ketidakpastian tersebut dengan mengolah sebuah informasi menjadi sebuah alternatif pemecahan suatu masalah. Metode yang dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan ini yaitu metode analytical hierarchy process (AHP). Metode analytical hierarchy process (AHP) sering digunakan dalam hal membantu pengambilan keputusan, bila pengambilan keputusan itu dihadapkan pada adanya sejumlah kriteria dan sejumlah alternatif. Dimana kriteria yang ada dalam pengambilan keputusan itu tentunya memiliki sejumlah bobot alternatif. Salah satu bidang yang dapat diselesaikan dengan metode AHP ini untuk menentukan tempat tinggal (rumah). Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) untuk studi kasus pemilihan rumah dengan kriteria keamanan, kenyamanan, kompabilitas, fleksibilitas, keterjangkauan jarak, lingkungan berjati diri, dan status kepemilikan yang diatur oleh SNI 03-17332014 mengenai tata cara perencanaan lingkungan perumahan di perkotaan. Kata Kunci : SPK, analytical hierarchy process (AHP), tata cara perencanaan lingkungan perumahan di kerkotaan.
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KOMPUTER SERTA CLOUD STRORAGE SERVER BERBASIS KENDALI JARAK JAUH (STUDI KASUS DI PT. LAPI ITB) Ana Heryana; Yogi Mediana Putra
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.771 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.240

Abstract

Dalam menjalankan bisnisnya, PT. LAPI ITB banyak melakukan kegiatan operasional di luar lingkungan kantor, hal ini menimbulkan masalah, ketika beberapa data dan aplikasi hanya diperbolehkan untuk diakses pada jaringan lokal. Terlebih lagi dalam setiap pengelolaan proyeknya, tim PT. LAPI ITB yang berada terpisah di beberapa lokasi membutuhkan suatu metode sharing data yang bersifat everywhere and everytime. Tentu saja untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan suatu perancangan dan implementasi infrastruktur jaringan komputer yang dikombinasikan dengan kendali jarak jauh serta layanan cloud storage. Kata kunci : Infrastruktur Jaringan, Cloud Storage, Kendali Jarak Jauh.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENJADWALAN KEGIATAN AKADEMIK DISERTAI SISTEM REMINDER BERBASIS RESPONSIVE WEB DESIGN Nopi Ramsari; Achmad Rifaldi
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 1 (2018): FIKI
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.385 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i1.241

Abstract

Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika (FIKI) merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Nurtanio Bandung. Fakultas memiliki kalender akademik untuk mengatur jadwal kegiatan akademik baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tingginya mobilitas dan tidak adanya reminder terkadang membuat dosen dan pejabat fakultas melupakan kegiatan akademik yang telah dijadwalkan. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba membangun suatu aplikasi penjadwalan kegiatan akademik dengan memanfaatkan teknik Email Blast, SMS Blast dan Notification sebagai bentuk model pengingat agar dapat membantu meningkatkan keefektifitasan kegiatan. Aplikasi ini dibuat dengan gabungan framework Ruby on Rails, Postfix dan Application Program Interface (API) yang disediakan oleh layanan Twillio dan Onesignal. Twillio menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengirimkan SMS reminder. Onesignal menyediakan API yang dapat digunakan untuk mengirimkan reminder dalam bentuk notifikasi. Sedangkan postfix digunakan mengirimkan reminder dalam bentuk email. Dalam pembangun aplikasi ini, penulis menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan metode Responsive Web Design (RWD) dalam pembuatan tampilan antarmuka sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi di berbagai perangkat. Secara garis besar aplikasi ini berbentuk kalender akademik disertai dengan sistem reminder. Adanya manajemen pengguna dan hak akses pengguna, membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk suatu organisasi atau instansi. Berdasarkan hasil implementasi, aplikasi penjadwalan kegiatan akademik dengan sistem reminder ini dapat mempermudah proses pencatatan jadwal dan pengingat kegiatan akademik sehingga dapat meningkatkan kefektifitasan kegiatan. Kata kunci: penjadwalan, kegiatan akademik, reminder, Ruby on Rails, email, Short Message Service (SMS)
PEMBUATAN GAME SIDE SCROLLING 2D THE NAILA’S SURVIVAL BERBASIS ANDROID Nopi Ramsari; Gilang Ramadhan
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.447 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.310

Abstract

Game sebagai media hiburan telah berkembang dengan pesat seiring dengan berkembangnya Teknologi. Para pengembang game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih menarik dengan cara meningkatkan kelincahan intelektual pada tingkat gamplay. Game dikembangkan dalam berbagai jenis, salah satunya adalah advanture game. Advanture game adalah cerita interakif tentang karakter protagonis, biasanya berupa perjalanan yang menuntut kewaspadaan untuk menyelesaikan rintangan yang dihadapi. Berdasarkan kajian tersebut penulis tertarik untuk membuat game yang ber-genre advanture dengan sudut pandang side scrolling, berjudul “TheNeila’s Survival”. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah game sebagai media hiburan sekaligus melatih ketangkasan, kecepatan reaksi, ataupun kecerdasan berpikir pemainnya, didalam perancangan game ini, penulis menggunakan perangkat lunak Construct 2. Diharapkan dengan pembuatan game ini akan memberikan wacana baru tentang game dan menambah pengetahuan penulis tentang cara membuat suatu game.Kata kunci: Game, Side Scrollling, Advanture, Construct 2
SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN MATERIAL PROMOSI SPAREPART KE JARINGAN DEALER DI PT.DAYA ADICIPTA MOTORA Vonny Vonny
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.132 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.311

Abstract

Material promosi yang tersedia pada saat ini adalah berupa spanduk, umbul-umbul dan flag chain yang sudah disediakan pihak PT. Astra Honda Motor, namun pendistribusian yang sudah berjalan masih mengalami kendala. Kendala yang terjadi adalah pendistribusian yang tidak merata, kurangnya informasi mengenai material promosi yang tersedia dan data yang masih manual. Sehingga jaringan dealer kesulitan dalam mendapatkan material promosi ini.Berdasarkan masalah diatas untuk mempermudah jaringan dealer dalam mendapatkan informasi dan melakukan pengajuan permintaan Material Promosi yang dibutuhkan, maka akan dibangun sebuah website yang dapat memberikan informasi mengenai material promosi yang ada dan dapat langsung mengajukan permintaan ke pihak Distributor Utama. Website yang dibagun ini menggunakan Bahasa pemrograman HTML, PHP, Java Script, framework Code Ignater, dengan database MySql. Hasil yang didapat dari skripsi yang berjudul: “Sistem Informasi Pendistribusian Material Promosi Spare Part ke Jaringan Dealer di PT. Daya Adicipta Motora” adalah dapat membantu jaringan dealer dalam memberikan informasi dan kemudahan dalam melakukan permintaan material promosi (matprom). Bagian Promosi juga terbantu untuk melakukan pengontrolan stok barang, sehingga dapat mengantisipasi kekosongan stok.Kata kunci: Material Promosi, HTML, PHP, Java Script, Code Ignater, MySql
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI REKRUTMEN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SAW BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. ATEJA) Iswanto Iswanto; Abdul Azis Muslim
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika - Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (827.607 KB) | DOI: 10.56244/fiki.v8i2.312

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu aset yang berharga dan elemen yang penting bagi perusahaan. Karyawan atau pegawai sebagai sumber daya manusia dalam perusahaan turut memberikan peran serta dalam keberhasilan perusahaan. Karena tanpa adanya karyawan sebagai sumber daya manusia maka tidak ada yang akan menggerakkan dan menjalankan fungsi bisnis perusahaan. Seiring dengan berkembangnya dunia bisnis dan teknologi, membuat suatu perusahaan mencari berbagai cara untuk mendapatkan sumber daya manusia yang potensial dan mempunyai kualifikasi sesuai kebutuhan organisasi. Oleh karena itu, perlu dibangun suatu aplikasiyang dapat membantu organisasi dalam mendapatkan sumber daya manusia yang potensial. Suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah apabila informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan tersedia dengan cepat, tepat dan berkualtias. Dengan adanya sumber informasi yang cukup, maka mencari pegawai pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya dapat dilakukan.Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis akan membangun sistem informasi rekrutmen karyawan menggunakan metode SAW berbasis web di PT. Ateja menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL serta Apache Web Server. Selain itu, diharapkan dapat mewujudkan proses pengelolaan rekrutmen pegawai yang lebih baik, menciptakan sistem yang saling terintegrasi dengan baikKata Kunci: sumber daya manusia, metode SAW, rekrutmen karyawan di PT. Ateja